DIBENCI DALAM NAMA BAPA-PUTRA DAN ROH KUDUS

Yohanes 15:18-27
Dunia membenci Yesus dan murid-murid-Nya

18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. 
19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. 
20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. 
21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. 
22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! 
23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku. 
24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. 
25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan. 
26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. 
27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

                       ~~~¤¤~~~

Yesus mengatakan kepada murid-muridnya bahwa dunia akan membenci mereka, tetapi perlu diingat bahwa mereka sebelumnya membenci Aku. 
Dia memperingatkan mereka bahwa setelah kepergian-Nya, bahwa mereka akan menghadapi penganiayaan berat, tidak hanya dari dunia kafir, tetapi juga dari kelompok dan pemimpin agama. Tuhan ingin mereka mengetahui apa yang harus diantisipasi dan bagaimana menanggapi permusuhan yang akan mereka alami. 

Ada beberapa alasan mengapa orang berdosa dan orang munafik membenci orang Kristen sejati, yaitu anak-anak Allah:
Bapak nya orang berdosa adalah iblis. Setan membenci Allah Bapa dan Yesus.
Bapa dari seorang Kristen sejati adalah Tuhan - oleh karena itu; Setan membenci anak-anak Tuhan.

Orang berdosa memiliki roh Setan yang tinggal di dalam tubuh mereka, mengendalikan pikiran dan roh mereka.
Orang percaya memiliki Kekuatan paling kuat di alam semesta yang hidup di dalam tubuh mereka; oleh karena itu, Roh Kudus mengontrol apa yang harus dikatakan, dipikirkan dan dilakukan seorang Kristen.

Yesus memperingatkan kita bahwa setiap orang berdosa dan munafik di dunia ini berada dalam pelukan "si jahat" dan beberapa teolog telah menafsirkan pernyataan ini bahwa setiap orang berdosa melakukan percabulan rohani, ketika dalam pelukan Setan dan dalam sistem yang buruk di dunia. 
Dunia seperti 1 Yohanes 5:19 menyatakan: "Kami tahu bahwa kami berasal dari Tuhan dan bahwa seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat."  Dalam ayat ini, Roh Kudus baru saja menjelaskan mengapa orang Kristen sejati dibenci oleh orang munafik dan orang berdosa. 

Kita perlu memahami bahwa Yesus Kristus adalah Pribadi yang mempersatukan. 
Umat ​​Kristen dikenal karena cinta mereka, tetapi dunia dikenal karena kebencian mereka (Yoh 15:18).

Yesus mulai dengan mengatakan apakah dunia membenci mereka, yaitu sistem yang diatur di bawah kekuasaan Setan yang menentang Allah dan Putra-Nya, untuk mengingat bahwa ia sebelumnya membenci Aku.

Tuhan ingin kita tahu bahwa, di balik kebencian dunia terhadap kita, ada kebencian terhadap-Nya. Dan kebencian itu tidak hanya untuk Dia, tetapi untuk Bapa juga: “Dia yang membenci Aku, juga membenci Bapa-Ku” (Yohanes 15 : 23).

Masalah mendasar orang-orang di dunia ini adalah bahwa mereka tidak mengenal Tuhan yang benar dan hidup. Sebaliknya, mereka membuat dewa mereka sendiri. Bahkan ateis menyembah kecerdasan mereka sendiri sebagai yang tertinggi, menolak untuk mengakui bahwa semua yang mereka miliki berasal dari Tuhan (1 Korintus 4: 7) dan bahwa mereka akan melaporkan kepada-Nya ketika mereka mati (Ibrani 9:27). Namun, kita perlu memahami bahwa mengenal Tuhan adalah inti dari kehidupan kekal yang diberikan Kristus kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. 

Kita perlu menyadari bahwa banyak orang yang tidak percaya mungkin tidak memiliki Alkitab atau mungkin tidak pernah ingin membaca Alkitab. Mungkin juga mereka belum pernah mendengar penyampaian Injil yang jelas dan oleh karena itu alasan mereka tidak mengenal Tuhan adalah karena mereka tidak mengenal siapa Dia. 

Setelah menyebutkan ketidaktahuan dunia akan Tuhan, Yesus menjelaskan dalam empat ayat berikutnya mengapa dunia tidak mengenal Tuhan. 
"Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! 
Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku" (Yoh 15:22-23)

Kedatangan Kristus menyoroti dosa di dalam hati manusia; Dia menyoroti dosa sehingga orang-orang memiliki lebih sedikit alasan untuk mengklaim ketidaktahuan. 
Paulus menjelaskan poin ini dalam Roma 6:14, "Karena dosa tidak akan menguasai kamu, karena kamu tidak berada di bawah Hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia."
Dan dia melanjutkan dalam Roma 6:15-23, menggunakan analogi perbudakan untuk menunjukkan bahwa kita tidak akan berbuat dosa di bawah kasih karunia karena kita telah dibebaskan dari dosa dan telah menjadi budak kebenaran. 

Yesus melanjutkan: 'Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku". (Yohanes 15:24). 

Yesus melakukan semua jenis mukjizat. Dia menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, memberi makan ribuan orang, menenangkan laut dan membangkitkan orang mati. Namun, dunia menolak pekerjaan-Nya. 

Dalam beberapa kasus, dunia menghubungkan pekerjaan Yesus dengan Setan (Matius 12:24). Tidak peduli apa yang Yesus katakan atau lakukan, dunia memilih untuk mengabaikan Dia dan memberontak melawan Dia. 
Sayangnya, bahkan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus tidak meyakinkan kebanyakan orang bahwa Yesus adalah Tuhan. Akibatnya, dunia dikutuk karena menolak Dia (Yohanes 3:18, 36). 

Kemudian, Dia berkata: "Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan". (Yohanes 15:25). Alasan terakhir untuk penolakan dunia Yesus dan wahyu-Nya tentang Bapa ditemukan dalam Kitab Suci Perjanjian Lama. Kata-kata yang sama yang membenci Aku tanpa alasan dikutip dalam Mazmur 35:19, 69: 4 dan 109: 3, di mana biasanya dipahami, bahwa kutipan yang Juruselamat kita rujuk di sini adalah di mana Daud berkata, berbicara tentang dirinya sendiri dan Juruselamat. 
Secara nubuat: “Jangan biarkan musuh pengkhianatku bersenang-senang dengan mengorbankan diriku; jangan izinkan mereka yang membenciku tanpa alasan untuk bertukar pandangan menghina". Juruselamat kita mengacu pada hal ini yang dapat diterapkan pada diri-Nya sendiri. 
Yesus berkata: Dunia telah menolak Perjanjian Lama dan perkataan serta pekerjaan Ku sendiri dan ini telah mengakibatkan penolakan terhadap Tuhan. 

Terlepas dari kebencian dunia, kita harus bersaksi kepada dunia tentang kebenaran tentang Yesus Kristus (Yohanes 15: 26-27). 
Yesus meminta kita di dunia ini untuk mewartakan kemuliaan-Nya seperti yang dinyatakan dalam 1 Petrus 2: 9, “Tetapi Anda adalah generasi terpilih, imamat kerajaan, bangsa yang kudus, umat Allah yang eksklusif, untuk mengumumkan kebesaran dia yang telah memanggil Anda dari kegelapan ke cahayamu yang luar biasa".
Jadi, bagaimana kita bisa bersaksi di hadapan dunia yang tidak bersahabat seperti itu? 

Yesus menunjukkan bahwa kita hanya dapat melakukannya melalui Roh kebenaran, dan Roh Kudus menggunakan orang percaya untuk bersaksi kepada orang lain tentang kebenaran Kristus. 

Rasul Paulus, yang tahu segalanya tentang penganiayaan, berkata: “Berdoa juga untuk saya, agar ketika saya berbicara, saya akan diberi pesan bahwa saya akan dengan berani memberitahukan misteri Injil, yang untuknya saya adalah duta besar di rantai. Berdoa agar, sambil tetap di dalamnya, saya akan berbicara dengan keberanian, sebagaimana saya harus berbicara ” (Efesus 6: 19-20). Sebagai duta bagi Kristus, itulah yang harus didoakan oleh semua orang Kristen juga.  

Yesus berkata kepada mereka yang percaya dan akan percaya kepada-Nya: “Jika kamu berpegang pada kata-kataku, kamu benar-benar akan menjadi murid-muridku. Dan mereka akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran akan membebaskan mereka ” (Yohanes 8: 31-32).


Comuterline Bo-jak,
24 Maret 2021
Luis Funan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI