MENYATU DALAM POKOK ANGGUR

Yohanes 15:1-8  

1"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. 
2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. 
3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. 
4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. 
5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. 
6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. 
7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 
8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

                         ~~~☆☆~~~

Melalui analogi pokok anggur dan ranting-rantingnya, Yesus mengundang kita untuk dipersatukan dengan-Nya. 
Kita adalah ranting-rantingnya, dan jika kita membiarkan kehidupan dari pokok anggur yang bebas memerintah dalam diri kita, itu akan menghasilkan banyak buah kesabaran, kebaikan, kasih sayang dan pengampunan.

Perumpamaan langka dalam Yohanes ini kaya akan gaung Perjanjian Lama tetapi konteks Perjamuan Terakhir memberinya makna Ekaristi.
Ini diucapkan seperti hal nya para murid telah mengambil darah-Nya dalam bentuk anggur dan dengan demikian memanifestasikan persatuan terdekat yang mungkin antara Tuhan dan para pengikutnya.

Buah dari kehidupan Kristen kita adalah pekerjaan Tuhan. Masing-masing dari kita dapat melihat kehidupan dan pekerjaan Tuhan dalam diri orang lain - dalam pelayanan, dalam cinta, dalam komitmen, keberanian, daya tahan, dan kebaikan serta kasih sayang sehari-hari. Masing-masing dari kita, juga, diberkahi dengan cara yang unik. Kita bisa menghasilkan buah untuk Tuhan dengan cara yang tidak bisa dilakukan orang lain. 

Doa membantu kita mengenali buahnya, mengembangkannya dan mempersembahkannya dalam pelayanan kepada Tuhan dan umat Tuhan.

Pertanyaan yang indah bagi kita orang Kristen adalah : 
Apakah saya tinggal di dalam Yesus atau apakah saya jauh dari Yesus? 
Apakah saya bersatu dengan pokok anggur yang memberi saya kehidupan atau apakah saya ranting mati, yang tidak mampu menghasilkan buah, memberikan kesaksian ?
Cabang mana yang mencerminkan saya? Apakah cabang saya sehat atau sedikit layu dan lelah? 
Dapatkah saya menerima perhatian dari penanam anggur saat dia memangkas cabang ini? 
Dapatkah saya percaya bahwa cabang saya dapat menghasilkan banyak buah pada saat panen?

Tuhan meninggalkan kita di dunia, tapi dia tidak pergi dan meninggalkan kita sendiri. 
Sebaliknya Tuhan tinggal di dalam kita. 
kita terikat dalam persahabatan Tuhan. Tuhan, semoga saya pada gilirannya menjadi teman yang baik dan setia bagi Anda.

Yesus memberi tahu kita bahwa inti dari keberadaan kita adalah terhubung dengannya. Dia mengundang saya untuk 'tinggal', untuk beristirahat, untuk tinggal, untuk tetap di dalam dia, sehingga kehidupan ilahi mengalir dalam dan melalui saya. Apakah saya merasa ini tinggal di dalam dirinya?

Mungkin ini tantangan bagi saya karena saya ingin aktif dan melakukan. Saya meluangkan waktu untuk menyadari betapa saya perlu terhubung dengan kehidupan Yesus, untuk mengetahui detak jantungnya, untuk menerima kehidupan darinya seperti ranting besar dari pokok anggur.

Saya bersyukur kepada Tuhan bahwa meskipun hidup saya selalu berubah, Yesus adalah rumah saya, tempat peristirahatan permanen saya.
Ketika saya merasa bahwa hidup saya mandul dan tidak membuahkan hasil, saya mungkin menyadari bahwa ini karena saya 'terpisah' dari Yesus sehingga tidak dapat 'tidak melakukan apa-apa'.
“Sebab diluar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Yoh 15:5.
Kita dapat mengingat ketergantungan total kita pada Kristus untuk hidup dan kasih. 
Ingat kembali banyak Berkat-Nya selama bertahun-tahun dan mintalah lebih banyak.

Bapa memangkas kita, bekerja jauh di dalam hati kita untuk mendekatkan kita kepada dirinya sendiri di dalam Kristus. 

Hari ini kita diundang untuk mengenali hubungan dekat kita dengan Yesus, yang di bandingkan dengan hubungan antara pokok anggur dan cabang yang tumbuh di atasnya. 
Apakah artinya bahwa kehidupan Yesus mengalir ke dalam diri kita ? 
Apakah artinya bagi saya secara pribadi, mengetahui bahwa saya adalah bagian dari Yesus sama seperti ranting adalah bagian dari pokok anggur ? 
Adakah hal-hal dalam hidup saya yang akan berbeda jika saya secara sadar menyadarinya ?
Apakah saya menolak usahanya ? 

Marilah kita meminta karunia keterbukaan untuk pekerjaan pemangkasannya.

Ajari aku, Tuhan Yesus, apa artinya hidup di dalammu, dan bagimu untuk hidup di dalamku.

Maret 2021
Luis Funan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI