BUKALAH MATA KU... AJAIB KUASA MU

Mazmur 119:17-32

17 Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu.
18 Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu.
19 Aku ini orang asing di dunia, janganlah sembunyikan perintah-perintah-Mu terhadap aku.
20 Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu.
21 Engkau menghardik orang-orang yang kurang ajar, terkutuklah orang yang menyimpang dari perintah-perintah-Mu.
22 Gulingkanlah dari atasku cela dan penghinaan, sebab aku memegang peringatan-peringatan-Mu.
23 Sekalipun pemuka-pemuka duduk bersepakat melawan aku, hamba-Mu ini merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu.
24 Ya, peringatan-peringatan-Mu menjadi kegemaranku, menjadi penasihat-penasihatku.
25 Jiwaku melekat kepada debu, hidupkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.
26 Jalan-jalan hidupku telah aku ceritakan dan Engkau menjawab aku--ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.
27 Buatlah aku mengerti petunjuk titah-titah-Mu, supaya aku merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib.
28 Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah aku sesuai dengan firman-Mu.
29 Jauhkanlah jalan dusta dari padaku, dan karuniakanlah aku Taurat-Mu.
30 Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku.
31 Aku telah berpaut pada peringatan-peringatan-Mu, ya TUHAN, janganlah membuat aku malu.
32 Aku akan mengikuti petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab Engkau melapangkan hatiku.

                  ~~~~~●●~~~~~

Beberapa orang mungkin berkata, saya ingin bebas, saya tidak merasakan kesenangan atau kekaguman pada Firman, hukum Allah.
Saya mengandaikannya dengan sebuah beban yang begitu berat, yang  ingin dan perlu bagi saya melepaskan diri darinya.
kemudian saya bebas, untuk memberi makan diri saya sendiri pada apa yang ditawarkan dunia, uang, kesenangan, hobi, waktu luang dan lain nya.
Anda ingin mengisi hati dan jiwa Anda dengan beberapa hal yang Anda penuhi untuk saat ini tetapi akhirnya membuat Anda kosong dan relatif mudah untuk jatuh ke dalamnya.

Di sisi lain, hal yang benar dan sehat bagi kita masing-masing adalah hidup dan menepati firman, tidak hanya membacanya, tetapi menjalaninya, berdoa agar Tuhan membuka mata kita dan kita dapat melihat keajaiban-Nya, dengan mengingat bahwa ini adalah bukan rumah kita, bahwa hukum menunjukkan dosa kita dan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan. 
Marilah kita menaati perintah-perintah, merenungkan firman yang diberikan dan menikmati membaca Alkitab, menikmati karakternya, menikmati mukjizat Tuhan, kuasanya tertulis di halaman-halamannya.

Dalam bacaan ini, Pemazmur ingin menyoroti pentingnya hukum dan betapa indahnya sebagai balasan atas apa yang ditawarkan dunia.
Pada ayat 17-32 kita menemukan banyak gairah suci yang sama dan kesenangan dalam hukum Allah. Contohnya,
● Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu.(ayat 17)

● Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu.(ayat 18)

● Aku ini orang asing di dunia, janganlah sembunyikan perintah-perintah-Mu terhadap aku.(ayat19)

● Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu.(ayat 20)

Dia ingin agar semua penutup mata dibuka untuk membantu kita "melihat hal-hal yang indah dalam Hukum" (ayat 18) dan memiliki jiwa yang benar-benar "dipenuhi dengan kerinduan akan hukum-hukummu setiap saat" (ayat 20). 
Wow fantastik.....andai saja kerinduan dan semua itu bisa dilakukan  orang Kristen hari ini!

Mazmur 119:17-24
KEAJAIBAN HUKUM

Bolehkah saya hidup

● Bersikaplah murah hati kepada hamba mu; / dan aku akan hidup, memperhatikan kata - katamu.
Memohon kemurahan hati Tuhan, doa tersebut menampilkan dirinya sebagai “hamba” -nya, hamba yang rendah hati yang bersedia untuk taat, dalam segala hal dengan memperhatikan ungkapan kehendak Tuhannya. Ini akan menjamin "kehidupan", yang bergantung pada ketaatan pada perintah-perintah, yang diungkapkan dalam Firman (lih. Ul 6,24).

Buka mata ku ! 

● Bukalah mata ku, singkapkanlah bagi ku untuk merenungkan keajaiban Hukum Mu -
aku seperti migran di bumi: aku tidak menyembunyikan perintah mu dari ku.
Jiwaku dikonsumsi / menginginkan keputusanmu sepanjang waktu.
Berbeda dengan "orang buta yang tidak ingin melihat" (bdk. Yoh 9: 39-41), doa yang menampilkan dirinya sebagai "peziarah" di negeri asing, meminta Tuhan untuk "membuka matanya", dan “jangan sembunyikan dia” Perintah-perintah… Ini, agar dia dapat lebih memahami dan dengan demikian “merenungkan” keajaiban Hukum dengan benar Kerinduan ini “menghabiskan” dia, dalam keinginan yang terus menerus.

yang sombong dan kuat

Anda telah mengancam orang yang sombong: terkutuklah dia yang menyimpang dari ketetapan mu.
Malu dan jijik dariku, karena aku telah mengamati kesaksianmu.
Yang berkuasa mengumpulkan dan memfitnahku, tapi hambamu terus merenung bermeditasi.

mazmur 119: 25-32
Sujud ke tanah

●Aku bersujud ke tanah:  beri aku hidup sesuai dengan kata - kataMu.
Aku mengungkapkan cara ku kepada Mu dan Engkau menjawab aku,  ajari aku ketetapan Mu.
Beri tahu ku cara ketetapan Mu / dan aku akan merenungkan keajaiban Mu.
Bait ini dimulai dengan penyebutan situasi yang memalukan, yang membuat pemazmur mengakui "jalan" -nya, siapa tahu, "penyimpangan" -nya sendiri. 
Namun, dia menerima jawaban Tuhan, yang menegaskannya di jalan “ketetapan”, yang dikonfirmasi oleh “keajaiban” ilahi.

Membungkuk karena kesedihan

• Aku berjalan membungkuk karena sedih:  angkat aku sesuai janjimu.
Jauhkan jalan kebohongan dariku, berikan aku karunia Hukum Mu. 
Aku memilih jalan kebenaran, aku menetapkan aturan Mu di depan mata ku.
Pengakuan baru atas keputusasaan dan kesedihan, diatasi dengan keyakinan pada "janji" dan pilihan baru "jalan kebenaran", yang bertentangan dengan "cara berbohong". 
Dalam ayat 29, referensi indah untuk "karunia" Hukum, yang bukan berat, tapi kasih karunia.

Aku berpegang pada kesaksian Mu, Tuhan, jangan biarkan aku menjadi bimbang.
Aku akan menjalankan perintah Mu, karena kamu akan memperbesar hatiku.
Akhirnya, setelah permintaan yang rendah hati kepada Tuhan untuk membebaskannya dari "bimbang", malu, a mistake Lindsay Kujawa pemazmur dihidupkan kembali. Dia kemudian melanjutkan untuk "berlari" di sepanjang jalan perintah, dengan kepastian bahwa Tuhan akan "memperbesar" hatinya, membebaskan dia dari semua penderitaan.

Sekalipun memiliki mata untuk melihat, namun tidak semua orang memiliki kepekaan untuk melihat apa yang Tuhan sudah kerjakan di dalam hidupnya. 

Sering kali manusia hanya mau melihat apa yang ia sukai dan menarik perhatiannya. Karena itu seperti pemazmur berdoa, kita pun perlu memohon pertolongan Tuhan agar  membukakan mata rohani kita, sehingga kita mampu melihat perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib dalam hidup kita. Namun, bukan hanya sekadar melihat keajaiban Tuhan, kita pun harus menjadi bagian yang menyatakan kejaiban Tuhan melalui kehidupan kita setiap harinya.

April 2021
Luis Funan


Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI