FIRMAN MU BENAR SEJAK AWAL

Mazmur 119:145-160

145 Aku berseru dengan segenap hati; jawablah aku, ya TUHAN! Ketetapan-ketetapan-Mu hendak kupegang. 
146 Aku berseru kepada-Mu; selamatkanlah aku! Aku hendak berpegang pada peringatan-peringatan-Mu. 
147 Pagi-pagi buta aku bangun dan berteriak minta tolong; aku berharap kepada firman-Mu. 
148 Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu. 
149 Dengarlah suaraku sesuai dengan kasih setia-Mu; ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-Mu. 
150 Mendekat orang-orang yang mengejar aku dengan maksud jahat, mereka menjauh dari Taurat-Mu. 
151 Engkau dekat, ya TUHAN, dan segala perintah-Mu adalah benar.
152 Sejak dahulu aku tahu dari peringatan-peringatan-Mu, bahwa Engkau telah menetapkannya untuk selama-lamanya. 
153 Lihatlah sengsaraku dan luputkanlah aku, sebab Taurat-Mu tidak kulupakan. 
154 Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu. 
155 Keselamatan menjauh dari orang-orang fasik, sebab ketetapan-ketetapan-Mu tidaklah mereka cari. 
156 Rahmat-Mu berlimpah, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-hukum-Mu. 
157 Pengejar dan lawanku banyak, tetapi aku tidak menyimpang dari peringatan-peringatan-Mu. 
158 Melihat pengkhianat-pengkhianat, aku merasa jemu, karena mereka tidak berpegang pada janji-Mu. 
159 Lihatlah, betapa aku mencintai titah-titah-Mu! Ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu. 
160 Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

                   ~~~~●●~~~~

Pengertian Doa
adalah suatu "permohonan yang ditujukan kepada Allah, yang di dalamnya ada pujian penyembahan, harapan dan permintaan"
Pada saat dibutuhkan, ketika kita berseru kepada Tuhan, kita membuat janji untuk mengikuti dan menyenangkan Dia.

Ketika Tuhan menanggapi Anda, apakah Anda tetap setia pada apa yang telah Anda janjikan ?

Firman Tuhan adalah tempat yang aman bagi kita semua yang berpaling padaNya. 
Dalam bagian ini pemazmur meminta bantuan dari Tuhan dan menemukan bantuan dalam ketetapannya.
Dia telah berteriak dengan segenap hatinya, menunggu jawaban dari Tuhannya, dan saat dia melakukannya dia berjanji untuk menaati perintah-perintahNya.

Kita perlu menyeimbangkan Firman Allah dan doa dalam kehidupan devosional dan pelayanan kita, karena semua isi Alkitab yang kita baca dan semua doa-doa kita,
menghasilkan semangat dan pengetahuan yang membuat kehidupan kita menjadi semakin baik.

Di masa awal ke kristenan, para pemimpin spiritual di gereja mula-mula memberikan diri mereka pada doa dan Firman.
"dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman.” ( Kisah 6:4 ). 
Dalam bagian ini pemazmur berkonsentrasi pada doa dan seruan kepada Tuhan siang dan malam.
Dari pengalamannya, kita menerima beberapa instruksi dasar tentang bagaimana berdoa.

Berdoa dengan sepenuh hati (ay 145-146). Sebelum kita dapat berdoa sebagaimana mestinya, kita harus berdoa untuk diri kita sendiri agar Tuhan memberi kita hati yang menyala-nyala untuk Tuhan. 
Dengan musuh di sekeliling dan rasa bersalah pribadi yang dalam, Daud hanya bisa berpaling kepada Tuhan untuk keselamatan (ayat 146).
Berdoa tanpa henti (ayat147-148)
Beberapa elemen penting dari doa diberikan dalam ayat-ayat ini:
1. Bahwa kita terus-menerus memupuk sikap berdoa di pagi hari dan selama jaga malam.

2. Selain Firman Tuhan, kita tidak bisa mengetahui kehendak Tuhan. 
Setiap ayat menyebutkan pengabdian penulis pada Firman Tuhan.

3. Berdoa sebagai tindakan kasih (ayat 149). Sangat mudah untuk memikirkan doa sebagai tindakan darurat, bergegas ke hadirat Tuhan dan menangis minta tolong. Doa lebih dari sekedar meminta; doa itu penuh kasih. 
Jika kita mencintai Firman Tuhan, kita juga harus mencintai Tuhan dan mengungkapkan cinta kita kepada-Nya.

4.  Berdoa dengan kecerdasan dan kewaspadaan (ayat 150-152) Bahkan ketika ada orang yang mengancam pemazmur, dia yakin bahwa ada orang yang lebih dekat dengannya dari pada musuhnya. Melalui ujian dan kesulitan dia belajar bahwa Firman Tuhan itu benar.

Hal Menarik Tiga permohonan pemazmur. pembebasan dari penderitaan (ayat 153-156).

▪ Rescue Me (ayat 153)
"Lihatlah sengsaraku dan luputkanlah aku, sebab Taurat-Mu tidak kulupakan". 

▪ Tebus Aku (ayat 154)
Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji-Mu. 

▪ aku hidup (ayat 155-156)
"Keselamatan menjauh dari orang-orang fasik, sebab ketetapan-ketetapan-Mu tidaklah mereka cari. 
Rahmat-Mu berlimpah, ya TUHAN, hidupkanlah aku sesuai dengan hukum-hukum-Mu". 

Tiga perspektif dalam mencari pembebasan (ay 157-159).

▪ Memohon kepada Tuhan saat menghadapi pertentangan (ayat 157).
"Pengejar dan lawanku banyak, tetapi aku tidak menyimpang dari peringatan-peringatan-Mu". 

▪ Seruan kepada Tuhan dengan kebencian karena ketidaktaatan(ayat 158). 
“Saya melihat para pengkhianat dan berduka; karena mereka tidak menuruti Firman-Mu. ”

▪ Panggil Tuhan karena kasih akan Firman (ayat 159). 
"Pertimbangkan betapa aku mencintai ajaran-Mu: percepat aku, ya Tuhan, sesuai dengan cinta kasih-Mu."

Kesimpulan Intinya adalah:
Kebenaran Allah - "Firman-Mu benar sejak awal: ..." (ayat 160).
"Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya".

Pantai indah kapuk
April 2021
Luis Funan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI