FIRMAN TUHAN, YA DAN AMIN

Mazmur 119:129-144

129 Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya.
130 Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.
131 Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.
132 Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebagaimana sepatutnya terhadap orang-orang yang mencintai nama-Mu.
133 Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.
134 Bebaskanlah aku dari pada pemerasan manusia, supaya aku berpegang pada titah-titah-Mu.
135 Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.
136 Air mataku berlinang seperti aliran air, karena orang tidak berpegang pada Taurat-Mu.
137 Engkau adil, ya TUHAN, dan hukum-hukum-Mu benar.
138 Telah Kauperintahkan peringatan-peringatan-Mu dalam keadilan dan dalam kesetiaan belaka.
139 Nyala cintaku menghabiskan aku, sebab para lawanku melupakan segala firman-Mu.
140 Janji-Mu sangat teruji, dan hamba-Mu mencintainya.
141 Aku ini kecil dan hina, tetapi titah-titah-Mu tidak kulupakan.
142 Keadilan-Mu adil untuk selama-lamanya, dan Taurat-Mu benar.
143 Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintah-Mu menjadi kesukaanku.
144 Peringatan-peringatan-Mu adil untuk selama-lamanya, buatlah aku mengerti, supaya aku hidup.

                  ~~~~~●●~~~~~

"Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu". (ayat 131)

Berapa kali sehari, kita menghela napas panjang begitu dalam karena mengetahui bahwa kita melewatkan sesuatu. Ketika daftar tugas dan pekerjaan meningkat, situasi sulit meningkat dan lain sebagai nya ?

Saya pikir yang saya butuhkan adalah keheningan, istirahat, waktu luang, rumah yang bersih, berbagi waktu bersama pasangan dan orang-orang terdekat, dan banyak hal lagi.

Mari kita pikirkan ...
Apakah kita menyadari kebutuhan kita akan Firman Tuhan, saat-saat berdoa, seperti kita mengenali kebutuhan untuk tidur atau sendirian?

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada mengenal Firman Tuhan (ay 129-131).

Firman Tuhan itu indah (ayat 129)
“Kesaksianmu luar biasa: oleh karena itu jiwaku menyimpannya".
Firman Tuhan mencerahkan (ayat 130)
“Pintu masuk Firman-Mu memberi terang; itu memberi pemahaman kepada yang sederhana".
Firman Tuhan memuaskan (ayat 131)
"Aku membuka mulutku, dan terengah-engah: karena aku merindukan perintah-perintah-Mu."

Tidak ada yang lebih membebaskan dari pada mengenal berkat Tuhan (ayat 132-135)

Kasih karunia Tuhan dibutuhkan (ayat 132)
"Pandanglah aku, dan kasihanilah aku ...."
Arahan Tuhan dicari (ayat 133a)
"Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu,
Perlindungan Tuhan diminta (ayat 133b).
"dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku."
Pembebasan oleh Tuhan diinginkan (ayat 134).
"Bebaskanlah aku dari pada pemerasan manusia."
DiButuhkan pengajaran Tuhan tentang perintah-perintah (ayat 135)
"Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku."
Tidak ada yang lebih tragis dari pada mengabaikan hukum Tuhan (ayat 136)
"Air mataku berlinang seperti aliran air, karena orang tidak berpegang pada Taurat-Mu."

Mazmur 119:137-144
Firman Tuhan dapat dipercaya apapun yang dilakukan orang (ayat 137-139). “Kesaksianmu yang telah engkau perintahkan adalah benar dan sangat setia” (ayat 138). Meskipun raksasa intelektual mungkin menyerang dan mengejeknya, Firman Tuhan tetap berdiri dan akan ada di sini lama setelah orang-orang ini mati dan tulisan mereka telah dilupakan. 
Tuhan tidak pernah berubah seiring waktu; kita dapat merenungkan sifat kebenaran-Nya karena sifat itu tidak pernah berubah.
Firman Tuhan dapat dipercaya apapun yang orang katakan (ay 140-141). 
“Firman-Mu sangat murni: oleh karena itu hambamu menyukainya” (ayat 140). Firman Tuhan telah membuktikan dirinya untuk dicoba, dimurnikan dan dimurnikan seperti emas di dalam tungku, dan juga benar-benar sempurna, tidak salah, dan sempurna. 
Dunia mungkin memandang umat Tuhan sebagai “kecil dan hina,” (ayat 141) tetapi ketika Anda berdiri di atas janji Tuhan, Anda adalah raksasa.
Firman Tuhan dapat dipercaya tidak peduli bagaimana perasaan anda (ay 142-143). Perasaan kita berubah, tapi Firman Tuhan tidak pernah berubah. Firman Tuhan tidak hanya benar, tapi juga kebenaran (ayat 142).
Firman Tuhan dapat dipercaya tidak peduli berapa lama anda hidup (ayat 144) 
Bukan panjang umur tetapi kedalaman hidup yang diperhitungkan, dan kedalaman berasal dari memegang teguh Firman Tuhan dan menaatinya. 
Doa pemazmur adalah agar Tuhan memberinya pemahaman penuh tentang perintah-perintah-Nya. “... beri aku pengertian, dan aku akan hidup” (ayat 144).

Semakin kita hidup dalam Firman Tuhan, semakin kuat iman kita jadinya. 
Pesan dalam bagian ini adalah bahwa Anda dapat bergantung pada Firman Tuhan untuk dapat dipercaya .


Bogor,  April 2021
luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI