HIDUPKAN AKU TUHAN

Mazmur 119:81-96

81 Habis jiwaku merindukan keselamatan dari pada-Mu, aku berharap kepada firman-Mu. 
82 Habis mataku merindukan janji-Mu; aku berkata: "Bilakah Engkau akan menghiburkan aku?" 
83 Sebab aku telah menjadi seperti kirbat yang diasapi; namun ketetapan-ketetapan-Mu tidak kulupakan. 
84 Berapa lagi hari-hari hamba-Mu ini? Bilakah Engkau menghukum orang-orang yang mengejar aku? 
85 Orang-orang yang kurang ajar telah menggali lobang bagiku, orang-orang yang tidak menuruti Taurat-Mu. 
86 Segala perintah-Mu dapat dipercaya; mereka mengejar aku tanpa alasan--tolonglah aku! 
87 Hampir saja mereka menghabisi aku di bumi, tetapi aku tidak meninggalkan titah-titah-Mu. 
88 Hidupkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu, supaya aku berpegang pada peringatan yang Kauberikan. 
89 Untuk selama-lamanya, ya TUHAN, firman-Mu tetap teguh di sorga. 
90 Kesetiaan-Mu dari keturunan ke keturunan; Engkau menegakkan bumi, sehingga tetap ada. 
91 Menurut hukum-hukum-Mu semuanya itu ada sekarang, sebab segala sesuatu melayani Engkau. 
92 Sekiranya Taurat-Mu tidak menjadi kegemaranku, maka aku telah binasa dalam sengsaraku. 
93 Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-titah-Mu, sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku. 
94 Aku kepunyaan-Mu, selamatkanlah aku, sebab aku mencari titah-titah-Mu. 
95 Orang-orang fasik menantikan aku untuk membinasakan aku; tetapi aku hendak memperhatikan peringatan-peringatan-Mu. 
96 Aku melihat batas-batas kesempurnaan, tetapi perintah-Mu luas sekali.

                     ~~~~~●●~~~~~

Kita melanjutkan perjalanan kita hari ini melalui Mazmur 119  ayat 81 sampai 96.

Saat kita membaca bagian ini kita dapat melihat bagaimana pemazmur terbungkus dalam kegelapan dan kesedihan yang mengerikan, dia merasakan jiwanya remuk tertekan sampai matanya masih terasa seperti sekarat.

Saya pernah mengalami situasi serupa, di mana saya merasakan beban yang begitu berat di jiwa saya sehingga saya tidak lagi menemukan kekuatan bahkan untuk membuka mata saya.

Pernahkah Anda merasa seperti ini?

Betapa banyak sikap pemazmur yang mencerminkan saya, karena setelah menyatakan keadaannya yang sekarat, dia tidak menemukan keselamatan di luar Tuhan.
Keselamatan hanya datang dari tempat yang maha tinggi.

Di saat-saat kesusahan, kesedihan yang luar biasa, dan keputusasaan, kita dapat menemukan penghiburan dalam janji-janji-Nya dan berpegang teguh pada janji-janji Tuhan yang sejati.

Dia menjadi seperti bejana yang terkena asap, jiwanya telah ternoda oleh kegelapan penganiayaan dan kejahatan manusia.

Berapa kali kita merasa seperti itu?

Adakah orang lain yang menghancurkan hidup Anda dengan kejahatan dan mengotori hati atau kesaksian Anda? 

Pemazmur memberitahu kita : Jangan lupakan ketetapan-Nya.

Tidak ada keadaan dalam kehidupan orang beriman yang datang tanpa persetujuan Tuhan, jadi tidak peduli seberapa hitam panorama Anda terlihat, percayalah dan jangan lupakan janji-janji-Nya.

Pada ayat 89 hingga ayat 96 pemazmur memperjelas keteguhan Firman Tuhan, dia menekankan bahwa perintah-perintah-Nya yang setia tetap ada selamanya dan saya senang melihat bahwa dia menjelaskan dengan sangat jelas bahwa melalui semua generasi dan sampai hari ini perintah-perintah itu teguh. 

Nasihatnya abadi dan tidak berubah. Pemazmur menyatakan bahwa dia akan binasa jika Hukum Tuhan tidak menyenangkannya. 
Dunia adalah negeri yang bergeser yang bisa kita tenggelam jika kita tidak berpegang pada Firman Tuhan yang kokoh. 
Ayat 96 menyoroti bahwa dia telah melihat bahwa tidak ada di dunia ini yang dapat mencapai kesempurnaan hukum Allah, seperti yang dinyatakan dalam 
Mazmur 19:7-8
"Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman."
Hukum Tuhan itu sempurna, memulihkan jiwa; kesaksian tentang Tuhan pasti, yang membuat orang sederhana menjadi bijaksana.

Ada pemulihan di dalam Firman Tuhan, karena itu sempurna dan pasti, mampu membuat yang paling bijak.

Selanjutnya kita akan melihat beberapa bagian dari perjanjian baru yang berhubungan dengan karakteristik yang indah dari ketetapan yang teguh dari Firman Tuhan dan janji-janjinya dan dari situ marilah kita mempertanyakan beberapa hal:

Yohanes 15: 4
"Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku."
● Apakah saya tinggal di dalam Firman Tuhan? 
● Apakah saya menyadari bahwa saya tidak dapat melakukan apa-apa jika tanpa Kristus? 
● Apakah saya menjalani hidup saya secara mandiri, membuat keputusan sendiri?

Yohanes 8:31
Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku.
● Dalam terang ayat ini, apakah Anda seorang murid sejati?
● Apakah Anda mengerti bahwa jika Anda tidak tetap di dalam Firman, Anda bisa menjadi seorang religius tetapi bukan anak Tuhan?

2 Timotius 2:13
"Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal dirinya sendiri."
● Apa kebenaran yang penuh harapan! Meskipun kita tidak setia, Dia tetap setia.
● Luangkan waktu sejenak dan analisis perjalanan Anda dengan Tuhan, mengingat bahwa Kristus mampu mengampuni Anda, Dia setia.

1 Yohanes 3:24
"Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita."
● Tuhan tahu bahwa dengan diri kita sendiri. kita tidak dapat menaati perintah-perintah-Nya, itu tidak mungkin, itulah sebabnya Dia telah memberi kita Roh Kudus-Nya yang membantu kita untuk tetap tinggal.

Akhirnya Pemazmur menyatakan bahwa keadilannya berasal dari Tuhan, kasusnya ada di tangan hakim dan pengacaranya dan meskipun dengan bangga telah menggali kuburan, mereka telah menganiaya dia dengan kebohongan, bahwa dia hampir hancur, dia berseru kepada Tuhan memohon bantuan. 
Pemazmur tahu dan yakin bahwa, tidak ada orang lain yang mendapatkan keselamatan atau pengharapan, tetapi hanya di dalam Dia yang mampu menghidupkannya dengan belas kasihan-Nya yang besar.

Marilah kita yang dengan putus asa dan sedang mengalami putus asa karena penderitaan hebat, berseru kepada Tuhan untuk bantuan hari ini!
                           ☆☆☆

April 2021
Luis Funan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI