MEDITASI DOA DENGAN MAZMUR 119

"Mazmur 119:1-16
Bahagianya orang yang hidup menurut Taurat TUHAN

1 Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN. 
2 Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, 
3 yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya. 
4 Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sungguh. 
5 Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu! 
6 Maka aku tidak akan mendapat malu, apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu. 
7 Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu yang adil. 
8 Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan aku sama sekali. 
9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. 
10 Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. 
11 Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. 
12 Terpujilah Engkau, ya TUHAN; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. 
13 Dengan bibirku aku menceritakan segala hukum yang Kauucapkan. 
14 Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira, seperti atas segala harta. 
15 Aku hendak merenungkan titah-titah-Mu dan mengamat-amati jalan-jalan-Mu. 
16 Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan.

                     ~~~~●●~~~~

Ada tradisi cerita bahwa raja Daud menggunakan mazmur ini untuk mengajari Salomo kecil mengenal abjad, bukan saja untuk menulis, tetapi untuk perkembangan hidup rohaninya.
Mazmur ini merupakan satu Kathisma tersendiri dalam pembagian Kitab Mazmur untuk ibadah. 

Mazmur ini juga dinyanyikan dengan kekhusukan saat upacara penguburan dan pada hari-hari pengenangan orang mati sepanjang tahun, di mana "Haleluyah" dinyanyikan di antara ayat-ayat. Penggunaan untuk pengenangan dilakukan pada hari Sabtu Suci. "Haleluyah" dinyanyikan di antara setiap ayat untuk menegaskan kemenangan atas kematian yang diraih oleh Kristus dengan kebangkitan-Nya, dan hadiah kekal yang dijanjikan bagi mereka yang percaya.

Mazmur ini mengandung sejumlah doa dan topik-topik khusus tentang kebaikan Allah di tengah penderitaan dan kesukaan akan hukum Allah. Allah sanggup menggerakkan hati orang dan pemazmur mencondongkan hatinya pada hukum-hukum Allah.

Mazmur 119 dimulai dengan kebahagiaan, yang meluas melalui tiga ayat pertama, dilanjutkan dengan refleksi, petisi, nasihat, tujuan, pujian, ucapan syukur, semua berputar di sekitar Hukum.
Tidak ada penyebutan perintah atau nubuat ilahi: Tuhan ditantang dalam orang kedua, dimaksud pada orang ketiga.
Dia, dengan Hukumnya, adalah target pujian.

Bait pertama mazmur (119:1-8) KEBAHAGIAAN

Berbahagialah
● Berbahagialah mereka yang melakukan apa yang benar......yang berjalan di dalam Taurat ( Hukum) Tuhan.

●Berbahagialah mereka yang memegang (menyimpan kesaksian mereka)... mencari Dia dengan segenap hati.

●Mereka yang tidak melakukan kesalahan, (cara) hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan.

Pintu masuk ke mazmur panjang ini adalah ucapan bahagia ini: Menyatakan tentang kebahagiaan orang yang menaati Hukum Tuhan. 

Bait kedua Mazmur (119:9-16)
Seorang anak muda

● Bagaimana seorang muda dapat menjalani kehidupan yang murni? 
Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. 
● Dengan sepenuh hati aku mencarimu:
jangan biarkan aku menyimpang dari ketetapan Mu .
● aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. 

“Pemuda” yang muncul di ay. 9 tidak dapat ditentukan, mengacu pada siapa pun.

Tapi kita bisa mengidentifikasinya sebagai pemazmur sendiri, dari pengalaman pribadinya.

"Penjaga Firman" ini mengingatkan pada "kekuatan pemuda" dalam surat pertama Yohanes:
"Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat."  (1 Yoh 2:4)

Mereka mengikuti tujuan pemazmur, diungkapkan dalam ay. 10 dan 11, di mana kita juga menemukan permintaan: 
"Jangan biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah Mu".

Berbahagialah Engkau, Tuhan, / ajari aku ketetapan Mu .
Kata sifat "diberkati" mengungkapkan rumusan "berkat", yang ditujukan kepada orang-orang, sebagai merujuk pada "mereka yang datang dalam nama Tuhan" 

Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya:“Hosana bagi Anak Daud,diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan,hosana di tempat yang mahatinggi!”(Mat 21,9)
Atau kepada Tuhan sendiri, seperti di awal yang "Terberkati" dari Zakharia ; 
"Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, (Luk 1,68). 
Itu sering terjadi dalam doa-doa tradisi rabi. Di sini segera diikuti dengan permintaan: “ Ajari saya ketetapan Anda! 

Dengan bibirku
● Dengan bibirku aku menceritakan segala hukum yang Kauucapkan. 
● Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira, seperti atas segala harta. Saya senang mengikuti kesaksian Anda 
● Aku hendak merenungkan titah-titah-Mu dan mengamat-amati jalan-jalan-Mu. 
● Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan.

Ayat 13 menghubungkan "bibir" orang yang berdoa dengan "mulut" Tuhan: 
Tuhan memulai dialog dengan mengajarkan perintah-perintah dengan mulutnya; manusia belajar melafalkannya dengan bibirnya, merekamnya dengan lebih baik dan mempraktikkannya. Mencatat dalam ingatan menuntun pada refleksi, pada meditasi doa (ayat 15), yang pada gilirannya mendatangkan kesenangan (ayat 16).

April 2021
Luis Funan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI