TAHU KEBENARAN TAPI TIDAK PERCAYA


Mazmur 119:113-128

113 Orang yang bimbang hati kubenci, tetapi Taurat-Mu kucintai.
114 Engkaulah persembunyianku dan perisaiku; aku berharap kepada firman-Mu.
115 Menjauhlah dari padaku, hai penjahat-penjahat; aku hendak memegang perintah-perintah Allahku.
116 Topanglah aku sesuai dengan janji-Mu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku.
117 Sokonglah aku, supaya aku selamat; aku hendak bersukacita dalam ketetapan-ketetapan-Mu senantiasa.
118 Engkau menolak semua orang yang sesat dari ketetapan-ketetapan-Mu, sebab sia-sia tipu muslihat mereka.
119 Sebagai sanga Kauanggap semua orang fasik di bumi; sebab itu aku mencintai peringatan-peringatan-Mu.
120 Badanku gemetar karena ketakutan terhadap Engkau, aku takut kepada penghukuman-Mu.
121 Aku telah menjalankan hukum dan keadilan; janganlah menyerahkan aku kepada pemeras-pemerasku!
122 Jadilah jaminan bagi hamba-Mu untuk kebaikan, janganlah orang-orang yang kurang ajar memeras aku.
123 Mataku sangat merindukan keselamatan dari pada-Mu dan merindukan janji-Mu yang adil.
124 Perlakukanlah hamba-Mu sesuai dengan kasih setia-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.
125 Hamba-Mu aku ini, buatlah aku mengerti, supaya aku tahu peringatan-peringatan-Mu.
126 Waktu untuk bertindak telah tiba bagi TUHAN; mereka telah merombak Taurat-Mu.
127 Itulah sebabnya aku mencintai perintah-perintah-Mu lebih dari pada emas, bahkan dari pada emas tua.
128 Itulah sebabnya aku hidup jujur sesuai dengan segala titah-Mu; segala jalan dusta aku benci.

                  ~~~~●●~~~~

Pemazmur memulai bait dengan cara yang tegas, mengatakan bahwa dia "membenci orang munafik" (119: 113). 
Kata yang diterjemahkan sebagai "munafik" dalam bahasa Ibrani adalah: Seef, yang secara harfiah berarti: berpikiran terbelah. 
Itu juga bisa diterjemahkan sebagai " berpikiran ganda." (Mendua)

Memilih jalan yang benar dan menghindari jalan yang salah.

Penulis berbicara secara khusus tentang jalan yang benar dan jalan yang salah. 
Mungkin mengejutkan kita untuk mengetahui bahwa orang yang mendua hati tidak mengacu pada orang yang tidak saleh, tetapi seseorang dari umat Allah yang "mengetahui kebenaran, tetapi tidak percaya"; keraguan ini memasuki dirinya, dan itulah sebabnya dia tidak bertindak dalam keadilan Tuhan. 
Pemazmur Menggambarkan dia sebagai seseorang yang "berubah-ubah", karena kadang-kadang dia menurut, tetapi di lain waktu dia sebagai seseorang yang membangkang.
Masalah dengan orang yang berpikiran ganda atau mendua adalah bahwa mereka terkadang berpikir bahwa mereka lebih pintar dari Tuhan.

Yakobus 4:6-8
6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." 
7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 
8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Kata kunci nya "Hati"

Yehezkiel 36:25-27
25 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. 
26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 
27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Hati yang murni terbukti dalam ketaatan kita kepada Tuhan.  
(1 Petrus 1: 22-25)  Setelah memurnikan jiwa Anda dengan ketaatan pada kebenaran, melalui Roh, untuk kasih persaudaraan yang benar, saling mengasihi dengan penuh kasih, dengan hati yang murni.

Oleh karena itu, adalah benar bagi Daud untuk berseru kepada Tuhan ketika dia merasakan beban dari para penindas di sekelilingnya. Seberapa sering kita merasakan hal yang sama seperti Daud ketika dia berteriak, Mataku merindukan keselamatanmu dan untuk pemenuhan janji kebenaranmu? 
Di tengah kesulitan ini, Pemazmur juga memohon kepada Tuhan untuk memahami kesaksian-Nya. Sayangnya, kita jarang memikirkannya, bukan? 
Daud melihat korelasi antara belajar dan memahami Firman Tuhan dan menghadapi tantangan yang mengelilinginya setiap hari. 

Tiga ayat terakhir dari bagian Mazmur 119 ini adalah kesimpulan dari lima ayat pertama. Sudah waktunya TUHAN bertindak, adalah kesimpulan yang tepat untuk dibuat Daud. Tuhan akan menjunjung tinggi keputusan-Nya yang benar dan akan berurusan dengan orang-orang fasik di sekitarnya. Aku mencintai perintah-Mu di atas emas, di atas emas murni. Itu sungguh menakjubkan, namun itulah sikap yang diharapkan Tuhan dari semua orang kudus-Nya. Saat kita terus bertumbuh di dalam Kristus, kita mulai mempelajari kedalaman Firman Tuhan dan pentingnya dalam setiap langkah yang kita ambil. 

Adalah normal bagi orang Kristen untuk terus bertumbuh dan memiliki pemahaman yang sama tentang Firman Tuhan. Adalah normal bagi orang Kristen untuk sangat mencintai Tuhan sehingga dia tidak bisa pergi satu hari pun tanpa persekutuan dengan Tuhan melalui Firman dan doa-Nya.

Inti dari syair terakhir adalah bahwa hanya Alkitab yang memungkinkan kita untuk melihat jalan yang benar dengan jelas. 
jika kita ingin berjalan seperti yang Tuhan kehendaki, kita harus memutuskan untuk melakukannya, karena ada banyak jalan yang berlawanan dan banyak jalan pertentangan. 

Bogor, April 2021
luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI