UBAHLAH AKU TUHAN !

Mazmur 119:33-48

33 Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN, petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir. 
34 Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati. 
35 Biarlah aku hidup menurut petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab aku menyukainya. 
36 Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba. 
37 Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan! 
38 Teguhkanlah pada hamba-Mu ini janji-Mu, yang berlaku bagi orang yang takut kepada-Mu. 
39 Lalukanlah celaku yang menggetarkan aku, karena hukum-hukum-Mu adalah baik. 
40 Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu! 
41 Kiranya kasih setia-Mu mendatangi aku, ya TUHAN, keselamatan dari pada-Mu itu sesuai dengan janji-Mu, 
42 supaya aku dapat memberi jawab kepada orang yang mencela aku, sebab aku percaya kepada firman-Mu. 
43 Janganlah sekali-kali mencabut firman kebenaran dari mulutku, sebab aku berharap kepada hukum-hukum-Mu.
44 Aku hendak berpegang pada Taurat-Mu senantiasa, untuk seterusnya dan selamanya.
45 Aku hendak hidup dalam kelegaan, sebab aku mencari titah-titah-Mu.
46 Aku hendak berbicara tentang peringatan-peringatan-Mu di hadapan raja-raja, dan aku tidak akan mendapat malu. 
47 Aku hendak bergemar dalam perintah-perintah-Mu yang kucintai itu. 
48 Aku menaikkan tanganku kepada perintah-perintah-Mu yang kucintai, dan aku hendak merenungkan ketetapan-ketetapan-Mu.

                     ~~~~●●~~~~

Mazmur 119: 33-40 Ajari aku ketetapanmu, dan bukan hanya kata-katanya, tapi bagaimana menerapkannya pada diriku sendiri. 

Terkecuali Yesus, tidak ada manusia yang dilahirkan dengan mengetahui perintah-perintah Tuhan. 
Perintah-perintah itu adalah sesuatu yang harus kita pelajari. 
Idealnya, orang tua mengajarkannya kepada anak-anak mereka; tetapi meskipun tidak demikian, masing-masing bertanggung jawab untuk mempelajarinya.

Mereka yang telah membaca Alkitab tahu bahwa itu tidak selalu mudah untuk dipahami. Itulah mengapa perlu meminta Roh Kudus untuk membantu kita dan memberi kita wahyu. 
Inilah yang diminta pemazmur: "Ya Tuhan, tunjukkan jalan....beri aku pengertian....tuntun aku di jalan"(ayat 33-35). 
Kita tidak hanya perlu mengetahui hukum itu sendiri, tetapi kita juga perlu memahami alasan di balik hukum tersebut, dan dengan demikian mengetahui pikiran dan hati Tuhan. 
Kita membutuhkan wahyu dan pengertian.

Bagian Mazmur 119 “Dia” ini mengajarkan kita bagaimana kita harus meminta Tuhan untuk mengubah kita sehingga kita dapat taat kepada-Nya sampai akhir perjalanan spiritual kita sebagai peziarah. 
Keinginan kita seperti keinginan St Paulus
2 Timotius 4:6-8
"6 Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. 
7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. 
8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya"

Kita ingin mengakhiri perjalanan kita dengan baik sebagai anak-anak Tuhan. Tapi untuk ini kita harus tahu apa saja yang terlibat dalam perjalanan ini. 
Inilah yang diajarkan mazmur ini kepada kita.

Pemazmur mengakui bahwa Tuhan dapat mempengaruhi emosi kita, dan itulah mengapa dia bertanya: "Condongkanlah hatiku". Ini tidak berarti bahwa Tuhan mengendalikan emosi kita, karena Dia telah memberi kita kebebasan memilih. Apa yang Roh Kudus lakukan adalah "beri kita sedikit dorongan" dan perkuat apa yang sudah ada di dalam hati kita. 

Dalam sejarah kita melihat bahwa Tuhan mengeraskan hati Firaun, karena itu sudah keras; tetapi jika kita memiliki kecenderungan yang baik, Dia mendorong kita ke arah itu.
Tuhan, dengan Roh-Nya, memberikan pemahaman yang benar. Tetapi Roh pewahyuan dalam perkataan saja tidak cukup, kecuali kita memiliki Roh kebijaksanaan di dalam hati kita. 
Tuhan menempatkan Roh-Nya di dalam kita, menyebabkan kita berjalan menurut ketetapan-Nya. 
Dosa yang didoakan di sini adalah keserakahan. 

Mereka yang memiliki cinta Tuhan yang berakar di dalamnya, harus mendapatkan cinta dunia; karena persahabatan dunia adalah permusuhan dengan Tuhan.
"Hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang kau tunjukkan !"
Untuk menebus waktu, dan melakukan semua tugas dengan semangat. 

Merenungkan kesombongan membuat kita tertidur dan memperlambat ritme kita; seorang musafir tidak boleh menatap semua benda yang disuguhkan kepadanya.
Janji-janji Firman Tuhan sebagian besar mengacu pada pemeliharaan orang beriman sejati. 
Ketika Setan telah memanggil anak Tuhan dalam pemenuhan duniawi, setan akan membuatnya mencela Tuhan karena katarak dan kebutaan yang setan bawa.

Kemenangan harus datang dari salib Kristus. Ketika kita menikmati manisnya ajaran Tuhan, itu akan membuat kita lebih menyadarinya. Dan di mana Tuhan telah bekerja sesuka hati, Yesus akan bekerja untuk melakukan-Nya.
Tentang rencana Tuhan untuk hidup kita, memang benar Tuhan punya rencana, tapi itu bukan untuk hidup kita, itu untuk memuliakan Tuhan, kita adalah aktor sekunder dan misi kita adalah untuk berpartisipasi dalam rencana ilahi Tuhan.

Hanya melalui Kristus kita dapat menjadi orang benar dan orang suci. 
Alkitab menghidupkan hati karena menunjukkan kekotoran kita, mengilhami rasa hormat kepada Tuhan, dan membuat kita mengerti bahwa penilaian itu baik. Mari kita membaca Alkitab dan berdoa kepada Tuhan untuk membangkitkan kita untuk keadilan-Nya.

Kota hujan 16 April 2021
Luis Funan


Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI