Tak tersembunyi di Hadapan Mu

Mazmur 139:1-16
Doa di hadapan Allah yang maha tahu

1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; 
2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. 
3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. 
4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. 
5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. 
6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. 
7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? 
8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau. 
9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, 
10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku. 
11 Jika aku berkata: "Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam," 
12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang. 
13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. 
14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 
15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; 
16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

                   ~~~~●●~~~~

Mazmur 139:1-3 Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa kita memiliki Tuhan yang mengetahui segala sesuatu, maha-tahu dan ada di mana-mana sekaligus (maha-hadir), kita mengenali kedua kebenaran itu, tetapi juga mengejutkan bahwa sering kali kita tidak menyadarinya dan kita tidak mengerti dengan benar.

Ketika seorang ilmuwan melihat ke mikroskop, dia dapat melihat hal terkecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop optik, yang menggunakan cahaya tampak untuk membuat gambar objek yang diperbesar, memungkinkan ilmuwan untuk melihat apa yang tidak bisa dilakukan orang lain tanpa instrumen. 
Tuhan tidak menggunakan mikroskop, Dia tahu tentang kita tanpa membutuhkan alat karena Dia adalah pencipta yang membentuk kita.

Tuhan sudah mengetahui segalanya dan bahkan berapa banyak rambut yang kita miliki di kepala kita (Matius 10:30). 
Dia bersama kita dalam setiap keadaan, dalam setiap pencobaan, dan Dia memperingatkan kita, menjaga, mencintai dan mengarahkan pada kebaikan.

Tuhan tahu pikiran kita bahkan sebelum kita mengungkapkannya, matanya melihat embrio kita sebelum lahir, (ayat 16)
Misteri kehidupan anak yang di kandung ibu tidak tersembunyi dari mata Tuhan dan ketika kita sakit atau dalam kesulitan.

Tuhan tahu setiap langkah yang kita ambil, rasakan setiap desahan, melihat setiap kedipan mata kita. Ia tahu kapan kita tidak bahagia, kesal dan juga saat kita bahagia, puas, dan kenyang. 
Dia mengetahui rencana dan harapan kita, keterbatasan kita dan juga kekuatan kita. 

Tetapi mengapa kita putus asa pada saat ada kesusahan? 
Apakah Kita melakukannya karena ketidaksabaran kita ?
Apakah karena kita menginginkan respon cepat dengan cara berpikir kita sendiri ? Apakah karena kita tidak memiliki iman dan karena kurangnya pengetahuan kita akan Tuhan ?

Janganlah kita meremehkan kemahatahuan Tuhan sedikit pun dan mengambil keuntungan dari pengetahuan yang Tuhan miliki tentang kita. Jika ada masalah tanpa solusi, Dia mengetahuinya dan memberikan solusinya. Jika ada kekurangan dalam kehidupan kita, Dia juga mengetahuinya. 
Apa yang Dia harapkan dari diri kita adalah kita percaya dan meminta dalam nama-Nya. 

"9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 
10 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 
11 Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? 
12 Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? 
13 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11:9-13)

Tetaplah setia, percaya pada Tuhan dalam menjawab kehendak-Nya.

Gramala duta merlin
Jumat 14 Mei 2021
Luisfunan



Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI