Tumbuh dalam kasih

1 Yohanes 2:7-17
Perintah yang baru

2:7 Saudara-saudara yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar.
2:8 Namun perintah baru juga yang kutuliskan kepada kamu, telah ternyata benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar telah bercahaya.
2:9 Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang.
2:10 Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan.
2:11 Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.
2:12 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.
2:13 Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu telah mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan yang jahat.
2:14 Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.
2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.
2:17 Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

                    ~~~~●●~~~~

Pendalaman perikop ini saya bagi 3 bagian:
Cinta ( 1Yohanes 2:7-11 )
Kedewasaan ( 1 Yohanes 2:12-14 )
Keduniawian( 1Yohanes 2:15-17 )

1.Cinta ( 1Yohanes 2:7-11 )
Sampai saat ini Yohanes telah berbicara tentang “perintah-perintah” secara umum; tetapi sekarang ia berfokus pada satu perintah tunggal dan itu adalah bahwa umat Allah saling mengasihi (ayat 7-8). Meskipun Hukum Perjanjian Lama menuntut kasih satu sama lain (Imamat 19:18), Kristus memberikan gambaran yang sama sekali baru tentang apa arti cinta sejati. Dia menggambarkan cinta dengan kehidupan yang dia jalani. Dia tidak pernah menunjukkan kebencian atau kedengkian terhadap siapa pun tetapi memiliki kasih untuk semua jenis orang, bahkan musuh-musuh-Nya. Kasih Kristen bukanlah emosi sentimental yang dangkal yang orang Kristen coba untuk "berhasil" sehingga mereka dapat bergaul satu sama lain. Ini adalah masalah kemauan (mengambil keputusan bahwa Anda akan membiarkan kasih Tuhan menjangkau orang lain melalui Anda) daripada emosi (daya tarik dan kasih sayang untuk orang-orang tertentu). Ketika seorang Kristen mengatakan bahwa dia mengasihi saudara-saudaranya, sementara dia sebenarnya membenci orang percaya yang lain, dia adalah pembohong (ayat 9).

Apa yang terjadi pada orang percaya yang tidak mengasihi saudara-saudaranya? 
Ini membawa hasil tragis berikut:
Orang ini hidup dalam kegelapan, meskipun ia mungkin berpikir bahwa ia hidup dalam terang (ayat 9).
Orang ini menjadi penyebab tersandung (ayat 10).
Orang ini terhambat pertumbuhan rohaninya (ayat 11).
Kebencian membuat seorang pria sengsara, tetapi cinta selalu membuatnya bahagia. Cinta sejati tidak pernah membuat catatan. Saya perlu memastikan bahwa saya benar-benar mengasihi orang percaya lain dan tidak hanya mengatakan bahwa saya mengasihi.

2. Kedewasaan ( 1 Yohanes 2:12-14 )
Yohanes menunjukkan tiga kategori orang percaya. Kita melihat dalam kategori ini tiga tahap perkembangan spiritual dalam pencarian kita untuk kedewasaan spiritual. Tiga tahap pertumbuhan Kristen adalah anak-anak, bapa-bapa dan remaja/anak muda (ayat12-14). Saya tidak percaya kategori ini ada hubungannya dengan usia atau jenis kelamin. Mungkin saja seseorang berusia tujuh puluh tahun dan masih menjadi bayi rohani. Kesempurnaan bukanlah tujuan, melainkan kemajuan.
Tentunya kita tidak ingin berada di posisi yang sama seperti tahun lalu, kita selalu ingin bergerak ke atas. 
Yohanes membahas dan mengklasifikasikan berbagai tahap pertumbuhan rohani ini. Setiap kelompok (tahap pertumbuhan) disebutkan dua kali dengan dua alasan penulisan yang dilampirkan masing-masing. Dengan mengelompokkan mereka bersama-sama, kita perhatikan hal berikut:
“Aku menulis kepadamu, hai anak-anakku (yaitu orang Kristen baru), karena dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya” (ayat 12).
“Aku menulis kepadamu, hai anak-anakku, karena kamu telah mengenal bapa” (ayat 13).
“Aku menulis kepadamu, bapa-bapa (dewasa rohani dengan pengetahuan yang kaya akan Allah) karena kamu telah mengenal Dia dari mulanya” (ayat 13-14).
“Aku menulis kepadamu, hai orang-orang muda, (orang-orang percaya yang dewasa) karena kamu telah mengalahkan si jahat,” (ayat 13); "karena kamu kuat, dan Firman Allah diam di dalam kamu" (ayat 14).

Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa tujuan setiap orang percaya Kristen adalah untuk bertumbuh dalam kasih karunia dan pengetahuan akan Tuhan Yesus Kristus dan menjadi orang Kristen yang dewasa sepenuhnya. Pertanyaan yang perlu saya tanyakan pada diri saya adalah di mana saya dalam pencarian kedewasaan di dalam Kristus ini ?

3. Keduniawian ( 1Yohanes 2:15-17 )
Yohanes sampai ke inti doktrin pemisahan dalam perikop ini. Keduniawian bukanlah masalah aktivitas melainkan sikap. Adalah mungkin bagi seorang Kristen untuk menjauh dari tempat-tempat dan kegiatan-kegiatan yang meragukan dan tetap mencintai dunia karena keduniawian adalah masalah hati. 
Keduniawian adalah segala sesuatu dalam kehidupan seorang Kristen yang menyebabkan dia kehilangan kenikmatan akan kasih Bapa dan keinginannya untuk melakukan kehendak Bapa. Semua hal ini sedang berlalu dan tidak ada yang memiliki keabadian. Manusia dunia ditakdirkan untuk kecewa; Hamba Tuhan yakin akan sukacita yang langgeng.

Yohanes menunjukkan bahwa sistem dunia menggunakan tiga alat untuk menjebak orang Kristen: keinginan daging, keinginan mata, dan kesombongan hidup (ayat 16). Kata "daging" tampaknya digunakan dengan jelas di sini sebagai sifat dosa lama yang dimiliki setiap orang sejak lahir. Seorang Kristen memiliki natur lama (daging) dan natur baru (Roh) dalam hidupnya dan pertempuran besar terjadi di antara keduanya (Galatia 5:17-23). Ia tidak boleh menyediakan makanan bagi daging (Roma 13:14).

Alat kedua yang digunakan dunia untuk menjebak orang Kristen adalah “nafsu mata”. Mata adalah pintu gerbang ke dalam pikiran. Seorang Kristen perlu menjaga dengan sangat hati-hati apa yang melintas di matanya (Mazmur 199:37). 
Hal ini tentu perlu kita terapkan pada apa yang kita tonton di televisi. Perangkat ketiga adalah "kebanggaan hidup." 
Dunia dicirikan oleh kesombongan tentang hartanya. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang membeli rumah, mobil, dan lemari pakaian dan banyak hal lain sehingga mereka tidak mampu membelinya dan membuat diri mereka sendiri terlilit hutang. Ini sebagian besar karena mereka ingin membuat orang lain terkesan, karena "kebanggaan hidup" mereka. Sikap seperti itu seharusnya tidak ada dalam diri anak Tuhan.

Mungkin hal terbaik yang dapat saya lakukan saat ini adalah menyelidiki hati saya untuk melihat apakah saya menentang seorang saudara. Jika saya melakukannya, saya perlu menghubungi mereka dan meminta maaf dan memperbaiki keadaan
Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa tujuan setiap orang percaya Kristen adalah untuk bertumbuh dalam kasih karunia dan pengetahuan akan Tuhan Yesus Kristus dan menjadi orang Kristen yang dewasa sepenuhnya. Pertanyaan yang perlu saya tanyakan pada diri saya adalah di mana saya dalam pencarian kedewasaan di dalam Kristus ini?
Saya perlu bertanya pada diri sendiri; di bidang apa keluarga saya tergoda untuk menyesuaikan diri dengan sistem dunia melalui tiga perangkat yang tercantum di atas? Apa yang bisa saya lakukan secara berbeda untuk membantu melindungi mereka?

Semoga Tuhan memberkati.

Pantai indah kapuk
27 juli 2021
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI