Hukuman

Yunus 2:1-10.

Doa ucapan syukur Yunus

2:1 Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu,
2:2 katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku.
2:3 Telah Kaulemparkan aku ke tempat yang dalam, ke pusat lautan, lalu aku terangkum oleh arus air; segala gelora dan gelombang-Mu melingkupi aku.
2:4 Dan aku berkata: telah terusir aku dari hadapan mata-Mu. Mungkinkah aku memandang lagi bait-Mu yang kudus?
2:5 Segala air telah mengepung aku, mengancam nyawaku; samudera raya merangkum aku; lumut lautan membelit kepalaku
2:6 di dasar gunung-gunung. Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, ya TUHAN, Allahku.
2:7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus.
2:8 Mereka yang berpegang teguh pada berhala kesia-siaan, merekalah yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia.
2:9 Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!"
2:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat.

                ~~~~~~●●~~~~~~

Kisah Yunus dimulai dengan sebuah tragedi, tetapi tragedi yang lebih besar akan terjadi jika Tuhan mengizinkannya untuk terus berlari. 
Dalam pasal ini, Yunus berdoa kepada Tuhan Allahnya dari perut ikan (ayat 1-7).
Doa itu bukanlah permohonan untuk pembebasan, tetapi salah satu ucapan syukur kepada Tuhan karena menggunakan makhluk laut untuk menyelamatkannya dari tenggelam (ayat 9) Dengan iman, Yunus mengungkapkan keyakinan bahwa ia akan berdiri sekali lagi di hadirat Tuhan memandang ke arah bait suci-Nya (ayat 4)

Bukan hal yang aneh jika Yunus menggambarkan kondisinya sebagai berada di kedalaman Neraka; banyak yang mencoba mengabaikan peristiwa ajaib ini sebagai fiksi, tetapi Alkitab tidak menggambarkannya seperti itu. 
Bahkan, pengalaman Yunus digunakan untuk menggambarkan tentang Kristus sebagai ilustrasi kematian dan kebangkitannya (Mat. 12:39-40). Meragukan keajaiban ini hanya akan membuat kita mempertanyakan bagian lain dari Alkitab dan kehilangan kepercayaan pada firman-Nya.

Ketika Tuhan mendapatkan Yunus di tempat yang Dia inginkan, Dia memerintahkan ikan untuk memuntahkan Yunus di pantai. Dan itu terjadi (ayat 10).

Tujuan dari panggilan Yunus bukan hanya untuk pergi dan memperingatkan orang-orang Niniwe, tetapi lebih kepada untuk memanggil mereka (kita) kepada keselamatan dan meninggalkan kisah yang tidak masuk akal yang penuh dengan pelajaran spiritual di halaman-halaman suci. 
Mematahkan stigma bahwa kelemahan emosional identik dengan kurangnya iman, Yunus belum pernah mengalami pengalaman intim dengan Tuhan seperti dalam tiga hari penderitaan yang mengerikan itu.

Tuhan memiliki rencana khusus dalam kehidupan setiap anak-Nya. Kita tidak perlu takut akan kemalangan dan pencobaan, karena itu datang sebagai “pekerjaan rumah” yang diberikan oleh Guru yang kekal untuk menyesuaikan kita dengan pelayanan-Nya dan untuk memberi kita kuasa. 
“Sebab Kerajaan Allah tidak terdiri dari kata-kata, tetapi dalam kuasa” (1Kor 4:20). 
Semoga Yang Kekal mengasihani kita seperti Dia terhadap Yunus dan Niniwe, dan semoga kita tidak pernah meninggalkan Dia.
Mereka yang menyembah berhala yang tidak berharga, akan kehilangan kasih karunia Allah (ayat 8). 

Ketika saya tahu bahwa Tuhan ingin saya melakukan sesuatu, saya tidak boleh lari. Tuhan mungkin harus menghukum saya seperti yang dia lakukan pada Yunus.

"Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi" (Amsal 3:11-12)

Renungkanlah..... Amin !

Semoga Tuhan memberkati.

30 Oktober 2021
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI