Belaskasih Allah

Yeremia 4:19-31
4:19 Aduh, dadaku, dadaku! Aku menggeliat sakit! Aduh, dinding jantungku! Jantungku berdebar-debar, aku tidak dapat berdiam diri, sebab aku mendengar bunyi sangkakala, pekik perang.
4:20 Kehancuran demi kehancuran dikabarkan, seluruh negeri dirusakkan; kemahku dirusakkan dengan tiba-tiba, tendaku dalam sekejap mata.
4:21 Berapa lama lagi aku melihat panji-panji itu, dan mendengar bunyi sangkakala itu?
4:22 "Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu."
4:23 Aku melihat kepada bumi, ternyata campur baur dan kosong, dan melihat kepada langit, tidak ada terangnya.
4:24 Aku melihat kepada gunung-gunung, ternyata goncang; dan seluruh bukitpun goyah.
4:25 Aku melihat, ternyata tidak ada manusia, dan semua burung di udara sudah lari terbang.
4:26 Aku melihat, ternyata tanah subur sudah menjadi padang gurun, dan segala kotanya sudah runtuh di hadapan TUHAN, di hadapan murka-Nya yang menyala-nyala!
4:27 Sebab beginilah firman TUHAN: "Seluruh negeri ini akan menjadi sunyi sepi, tetapi Aku tidak akan membuatnya habis lenyap.
4:28 Karena hal ini bumi akan berkabung, dan langit di atas akan menjadi gelap, sebab Aku telah mengatakannya, Aku telah merancangnya, Aku tidak akan menyesalinya dan tidak akan mundur dari pada itu."
4:29 Oleh karena hiruk-pikuk pasukan berkuda dan pemanah seluruh negeri melarikan diri. Mereka masuk ke dalam belukar dan naik ke bukit-bukit batu; setiap kota sudah ditinggalkan dan tidak seorangpun tinggal di dalamnya.
4:30 Dan engkau, yang dimusnahkan, apakah yang hendak kaulakukan, mengapa engkau mengenakan pakaian kirmizi, menghiasi dirimu dengan perhiasan emas, memalit matamu dengan celak? Sia-sia engkau memperelok dirimu, pencinta-pencintamu menolak engkau, bahkan mereka ingin mencabut nyawamu.
4:31 Sebab aku mendengar suara seperti suara perempuan bersalin, suara orang kesesakan seperti suara ibu yang melahirkan anak pertama, suara puteri Sion yang mengap-mengap, yang merentang-rentangkan tangannya: "Celakalah aku, sebab aku binasa di depan para pembunuh!"

                      ~~~~~~●●~~~~~~

Yeremia menanggapi berita invasi Babilonia dengan menangis dalam kesedihan. Jantungnya berdebar kencang dan dia tidak bisa diam memikirkan pertempuran yang akan datang dan bencana yang akan menimpa Yehuda (ayat 19-21). 

Ia menyimpulkan bahwa orang Yehuda bodoh dan tidak mengerti jalan kebenaran yang seharusnya mereka ikuti (ayat 22). 
Sebuah gambaran grafis dan puitis diberikan oleh sang nabi tentang kehancuran negeri itu (ayat 23-26). 

Penggalian arkeologis telah menunjukkan bahwa setiap kota yang ada pada zaman Yeremia hancur total. Ini lebih dari gambaran sederhana tentang invasi. 
Ini juga merupakan gambaran dari kehancuran yang ditimbulkan manusia pada dirinya sendiri ketika dia memberontak melawan tujuan Tuhan dalam hidupnya.

Meskipun seluruh negeri akan dihancurkan ketika Tuhan menghakimi semua orang, Dia tetap berjanji bahwa Dia tidak akan menghancurkannya sepenuhnya (ayat 27). 
Saat tentara mendekati Yehuda, orang-orang di setiap kota melarikan diri untuk menghindari pembunuhan. Mereka bersembunyi di semak-semak dan di antara bebatuan (ayat 28-29) berharap tidak ditangkap oleh tentara. 

Orang-orang Yerusalem melakukan dua upaya sia-sia untuk membujuk Allah agar membatalkan penghakiman-Nya (ayat 30). 
(1) Mereka mencoba untuk mendandani diri mereka sendiri dengan kirmizi dan permata emas tetapi tidak memiliki hati yang welas asih. 
(2) Mereka membuat teriakan minta tolong yang menyedihkan, tetapi, itu datang setelah hari pilihan telah berlalu. 

Khotbah Yeremia dibuka dengan peringatan: “Larilah untuk keselamatan.” 
Kemudian ditutup dengan seruan maut:
"Celakalah aku, sebab aku binasa di depan para pembunuh!" (ayat 31).

Yeremia memiliki hati yang besar penuh belas kasih saat ia berteriak dalam kesedihan bagi mereka yang jauh dari Tuhan dan akan menghadapi penghakiman. 

Sadarilah betapa kita telah mengecewakan Tuhan. Lihatlah ke belakang sejenak dan lihat berapa banyak kerusakan yang telah Anda dan saya lakukan. Lihatlah jejak kehancuran yang kita tinggalkan dengan dosa-dosa kita yang mencolok! 

Sikap gila yang dibuat selama bertahun-tahun. Berapa kali kita menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk berbuat baik, melakukan pekerjaan-Nya, memberitakan Injil-Nya yang kudus, untuk menghormati-Nya, dan apa yang telah kita lakukan? Kita gagal! 
Wow! Sungguh sebuah tragedi!

Namun, Tuhan ini, Tuhan yang adil, Tuhan yang KUDUS, yang tidak perlu mentolerir kekurangan ini tidak perlu memberi kita pengampunan-Nya juga, namun Dia melakukannya! 
Dan mengapa dia melakukannya? 
Karena Dia adalah Tuhan yang penuh belas kasihan. Dia tahu kelemahan kita dan berbelas kasih kepada kita. Tuhan adalah Tuhan yang terlepas dari kegagalan dan anomali kita, Dia selalu mengulurkan tangan pengampunannya kepada kita untuk memberi kita kesempatan kedua!

Mungkin kita telah jatuh lagi. 
Kita tersandung, kita sangat mengecewakan Tuhan. Namun ini bukan akhir! 
Dengarkan Firman Tuhan yang manis ini:

"Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba.
(Yesaya 1:18)

Bangun lebih tinggi kali ini. Angkat kepalamu dan terimalah pengampunan dari Tuhan yang maha pengasih. 
Jangan sia-siakan sekali lagi kesempatan yang Dia berikan kepada Anda!

Mulailah hidupmu dari sekarang. 
Tidak ada lagi kemunduran yang sama atau sikap bodoh. Tapi, belajar dari kesalahan lama, mulailah fase baru dalam hidup kita, penuh ketakutan dan ketaatan kepada Firman Tuhan.
 
"Jika Engkau, ya TUHAN, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan?
Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang" (Mzm 130:3-4)

Bangkitlah, saudaraku, karena HARI INI adalah hari penebusanmu... Amin !

Semoga Tuhan memberkati.

Selasa, 25 Januari 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI