Kematian

 Mazmur 16 
Bahagia orang saleh

1 Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.
2 Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!"
3 Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.
4 Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku.
5 Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
6 Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku.
7 Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.
8 Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
9 Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;
10 sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

                     ~~~~~~●●~~~~~~

ilustrasi
Rangkaian Bunga Berjudul "Istirahat Dalam Damai"
Seorang pemilik bisnis muda sedang membuka kantor cabang baru, dan seorang teman memutuskan untuk mengirim karangan bunga untuk pembukaan tersebut. Ketika teman itu tiba di pembukaan, dia terkejut menemukan bahwa karangan bunganya bertuliskan: "Beristirahatlah dalam damai." Marah, dia mengeluh kepada penjual bunga. Setelah meminta maaf, penjual bunga berkata, “Lihatlah ke sini—di suatu tempat seorang pria dikuburkan di bawah karangan bunga hari ini yang mengatakan, 'Semoga berhasil di lokasi baru Anda.'” 

Bahagia Orang Saleh

"Sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan" (Mzm 16:10)

Mazmur enam belas adalah Mazmur Mesianik. Mazmur ini dibagi atas 11 ayat.
Mazmur enam belas ini juga diindikasikan untuk meredakan perselisihan, memperoleh bantuan, kedamaian dan kebaikan-kebaikan lainnya karena kekuatan mazmur ini terletak pada kepastian bahwa itu akan dijawab pada waktu yang tepat.
Mazmur enam belas dapat membantu Anda ketika Anda membutuhkan nasihat untuk dapat mengambil keputusan penting dalam hidup Anda. Percayalah !

Kematian

Daud memberikan delapan alasan untuk memberkati Tuhan saat dia menghadapi kematian:
"Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung" (ayat 1)
"Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" (ayat 2)
Kita telah mengambil langkah besar menuju kedewasaan Kristen sejati ketika kita dapat mengatakan ini kepada Tuhan dan bersungguh-sungguh.

Sama seperti Daud, kita hanya membutuhkan satu kebaikan, dan itu adalah Yesus. 
Yesus Kristus dalam hidup kita sebagai Alfa dan Omega, Awal dan Akhir, ini adalah aset terbaik dan terbesar yang dapat kita miliki di bumi ini. "Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah" (ayat 8) ini harus menjadi ambisi kita sehari-hari. 

Allah adalah kesukaanku - “Orang-orang kudus ....., yang menjadi kesukaanku” (ayat 3). Kehidupan yang kudus dan luar biasa bukanlah kehidupan yang muncul karena alasan manusia, tetapi kehidupan yang tersembunyi di dalam Allah sehingga, melalui kuasa Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:8), kemuliaan Tuhan dapat dinyatakan.

"Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku" (ayat 5)

Allah adalah milik pusakaku.
"Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku" (ayat 6), Yesus ingin menjadi milik pusaka kita yang paling indah.

Aku memiliki milik pusaka yang baik.
Allah adalah penasihat  "Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku" (ayat 7) karena dia adalah "Penasihat Ajaib" kita (Yes.9:6).

Tuhan adalah gunung batuku "Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram" (ayat 9)

Allah Adalah Kebangkitanku

"sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan" (ayat 10)
Rasul Petrus mengutip ayat ini dalam kotbahnya pada hari Pentakosta di Yerusalem (Kisah Para Rasul 2), sedangkan rasul Paulus mengutipnya ketika berbicara di sebuah sinagoge di Antiokhia (Kisah Para Rasul 13).
Dalam kitab Kisah Para Rasul kita menemukan referensi ke Mazmur ini dan konfirmasi bahwa Pribadi kedua ini adalah Yesus sendiri: “Karena sesungguhnya, ketika Daud melayani generasinya, sesuai dengan tujuan Allah ... dia melihat kerusakan. Tetapi Ia yang dibangkitkan Allah tidak melihat kebinasaan” (Kisah Para Rasul 13:36-37). Bukankah itu indah? Lihat kesatuan antara Perjanjian Lama dan Baru? Kematian, kebangkitan, dan kenaikan Kristus dinubuatkan dalam Mazmur ini ratusan tahun sebelum kedatangan Mesias. Apakah ini kitab nubuatan atau bukan? Tentu! Dan nubuat-nubuatnya telah digenapi dengan setia dan lengkap.

Dia ingin mengarahkan hidup kita menuju pada kepenuhan sukacita, "Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa" (ayat 11)
Jangan menukar kesenangan abadi dengan dewa-dewa dunia ini (ayat 4).

Banyak orang takut mati karena mereka tidak dapat mengendalikan atau memahaminya. Sebagai orang percaya kita dapat yakin bahwa Tuhan tidak akan melupakan kita ketika kita mati. Dia akan menghidupkan kita kembali untuk hidup bersama Dia selamanya.

Saya seharusnya tidak pernah takut akan kematian (II Korintus 5:8). 
Kristus mengalahkan maut dan bangkit agar saya menjadi buah sulung (I Korintus 15:20), dibangkitkan dalam tubuh saya. Keyakinan saya dapat teguh dan yakin kepada Juruselamat saya Tuhan Yesus Kristus.
Amin.

Semoga Tuhan Memberkati.

Jumat, Prapaskah 2
18 Maret 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI