Menderita

Mazmur 22:12-21

22:12(22-13) Banyak lembu jantan mengerumuni aku; banteng-banteng dari Basan mengepung aku;
22:13(22-14) mereka mengangakan mulutnya terhadap aku seperti singa yang menerkam dan mengaum.
22:14(22-15) Seperti air aku tercurah, dan segala tulangku terlepas dari sendinya; hatiku menjadi seperti lilin, hancur luluh di dalam dadaku;
22:15(22-16) kekuatanku kering seperti beling, lidahku melekat pada langit-langit mulutku; dan dalam debu maut Kauletakkan aku.
22:16(22-17) Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.
22:17(22-18) Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.
22:18(22-19) Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.
22:19(22-20) Tetapi Engkau, TUHAN, janganlah jauh; ya kekuatanku, segeralah menolong aku!
22:20(22-21) Lepaskanlah aku dari pedang, dan nyawaku dari cengkeraman anjing.
22:21(22-22) Selamatkanlah aku dari mulut singa, dan dari tanduk banteng. Engkau telah menjawab aku!

                      ~~~~~~●●~~~~~~

Daud menggambarkan musuh-musuhnya dan penderitaannya. Ia membandingkan mereka dengan binatang yang kejam dan tidak peka: lembu jantan, singa (ayat 13, 21), anjing (ayat 16, 20), dan lembu liar (ayat 21). Ketika manusia menolak kebenaran Tuhan, mereka menjadi seperti binatang. 
Bayangkan saja semua binatang yang haus darah ini mengelilingi seekor cacing kecil! Karena serangan musuh-musuhnya, kekuatan Daud terkuras darinya seperti air yang dicurahkan dan tulang-tulangnya terasa seperti lepas. Hatinya seperti lilin yang meleleh, kekuatannya hilang dan mulutnya kering. Dia dibawa ke ambang kematian.

Allah Putra dan Allah Bapa tidak pernah dipisahkan sampai saat yang penting itu di Kalvari. Karena itu, Anak berseru, "Jangan jauh-jauh dari-Ku ... karena tidak ada yang membantu" (ayat 11). Ketika Tuhan Yesus melihat ke bawah dari salib, Dia melihat para imam, penguasa, ahli Taurat, orang Farisi, dan yang lainnya berkumpul di sekeliling-Nya seperti kawanan banteng liar yang marah (ayat 12). Daud berdoa agar Tuhan menolongnya dengan menyelamatkan nyawanya dari kuasa musuh-musuhnya yang jahat seperti anjing (ayat 16), singa (ayat 13), dan lembu liar (ayat 21). Ia menjadi yakin bahwa ia telah didengar (ayat 21).

Dalam membandingkan ini dengan penyaliban Tuhan kita, musuh-musuh-Nya seperti binatang-binatang ini yang berdiri kokoh dan mengancam di sekitar salib-Nya. Tenaganya sudah habis sehingga dia tidak bisa memikul salib ke bukit Golgota. Orang yang memulai pelayanan publik-Nya dengan lapar, mengakhirinya dengan haus. Selama semua ini Dia berseru kepada Bapa dan yakin Dia telah didengar.

Setelah membaca kisah kenabian Penebus Anda ini, dan lihat bagaimana ceritanya sesuai dengan prediksi di setiap titik. Sesungguhnya, tidak pernah ada rasa sakit seperti rasa sakitNya, di hari-hari penghinaanNya. Siapa yang dapat mendengar tentang Anak Domba di tengah-tengah lembu, dan melihat Yesus di bawah tamparan para prajurit, celaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, cambuk dan tombak, dan mahkota duri, tetapi harus dipukul dengan sifat yang mencolok kemiripan dengan kenyataan? Siapa yang dapat mendengar tentang jiwa yang begitu menderita sehingga akan dicurahkan seperti air, dan semua tulang tubuhnya terlepas dari persendian, dan kemudian melihat Yesus dipakukan di kayu salib ?

Singkatnya, dalam semua keadaan, dalam pemukulan, penderitaan, penyaliban, dan debu kematian, yang kepadanya dia dibawa, demikian persisnya sebuah nubuatan yang disampaikan seribu tahun sebelum periode penggenapannya digenapi.

"Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya" (Filipi 3:10)

Tuhan yang terkasih, beri aku untuk merenungkan hal-hal ini, sampai aku merasakan seluruh jiwaku bergerak maju dalam semua cinta dan kasih sayang di mana umat-Mu berpartisipasi, yang mengenal-Mu dalam kuasa kebangkitan-Mu dan dalam persekutuan penderitaan-Mu. Amin !

Semoga Tuhan Memberkati

Rabu, Prapaskah 4
30 Maret 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI