Doa dan Dukungan

Roma 15:22-33
Harapan Paulus untuk datang ke Roma

15:22 Itulah sebabnya aku selalu terhalang untuk mengunjungi kamu.
15:23 Tetapi sekarang, karena aku tidak lagi mempunyai tempat kerja di daerah ini dan karena aku telah beberapa tahun lamanya ingin mengunjungi kamu,
15:24 aku harap dalam perjalananku ke Spanyol aku dapat singgah di tempatmu dan bertemu dengan kamu, sehingga kamu dapat mengantarkan aku ke sana, setelah aku seketika menikmati pertemuan dengan kamu.
15:25 Tetapi sekarang aku sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan kepada orang-orang kudus.
15:26 Sebab Makedonia dan Akhaya telah mengambil keputusan untuk menyumbangkan sesuatu kepada orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem.
15:27 Keputusan itu memang telah mereka ambil, tetapi itu adalah kewajiban mereka. Sebab, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajiblah juga bangsa-bangsa lain itu melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka.
15:28 Apabila aku sudah menunaikan tugas itu dan sudah menyerahkan hasil usaha bangsa-bangsa lain itu kepada mereka, aku akan berangkat ke Spanyol melalui kota kamu.
15:29 Dan aku tahu, bahwa jika aku datang mengunjungi kamu, aku akan melakukannya dengan penuh berkat Kristus.
15:30 Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku,
15:31 supaya aku terpelihara dari orang-orang yang tidak taat di Yudea, dan supaya pelayananku untuk Yerusalem disambut dengan baik oleh orang-orang kudus di sana,
15:32 agar aku yang dengan sukacita datang kepadamu oleh kehendak Allah, beroleh kesegaran bersama-sama dengan kamu.
15:33 Allah, sumber damai sejahtera, menyertai kamu sekalian! Amin.

                      ~~~~~~●●~~~~~~

Adalah kepentingan setiap orang untuk melakukan terlebih dahulu apa yang paling penting. Kita tidak boleh menganggap buruk bahwa teman kita lebih memilih pekerjaan yang menyenangkan Tuhan, daripada kunjungan dan pujian, yang dapat menyenangkan kita. Semua orang Kristen diharapkan dengan adil untuk mempersembahkan setiap pekerjaan baik, terutama pekerjaan yang diberkati yang merupakan pertobatan jiwa. 

Penyebaran Injil kepada orang-orang bukan Yahudi di tempat-tempat baru menghalangi kunjungan Paulus yang diinginkan ke Roma (ayat 22). Ia menilai, kunjungan tersebut bisa dilakukan dalam waktu dekat (ayat 23). Dia ingin melewati Roma dan tinggal sebentar sebelum pergi ke Spanyol, tetapi dia akan melakukan perjalanan ini setelah kembali ke Yerusalem (ayat 24-25, 28-29).

Tetapi sekarang Paulus sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk mengantarkan bantuan yang dipersembahkan oleh saudara-saudara dari Makedonia dan Akhaya kepada “orang-orang miskin di antara orang-orang kudus” di kota itu (ayat 25-28; lih. Kisah Para Rasul 24:17; 1 Korintus 16:1-4; 
2 Korintus 8 dan 9).

Alih-alih memiliki konflik antara orang Yahudi dan non-Yahudi, mereka harus mengakui saling ketergantungan mereka. Secara rohani, orang-orang bukan Yahudi berhutang banyak kepada orang-orang Yahudi. Secara materi, orang-orang Yahudi sekarang akan berutang kepada orang-orang bukan Yahudi.

Paulus sangat prihatin bahwa ada banyak orang yang menandai dia sebagai pengkhianat bagi masalah Yahudi karena dia telah membawa Injil kepada orang-orang bukan Yahudi. Mungkin dia takut mereka tidak akan menerima persembahan itu karena itu diberikan oleh orang-orang bukan Yahudi.

Dia memohon kepada orang-orang Kristen Roma untuk mendukungnya dalam doa saat dia menghadapi bahaya sebelum dia datang kepada mereka. Permintaannya adalah sebagai berikut:

“Supaya kamu berjuang bersama-sama dengan Aku dalam doa-doamu” (ayat 30).
"Supaya aku dibebaskan dari mereka yang tidak percaya" (ayat 31).
"Supaya pelayananku bagi Yerusalem diterima" (ayat 31).
“Supaya aku datang kepadamu dengan sukacita” (ayat 32).
"Supaya aku bersama-sama dengan kamu disegarkan" (ayat 32).

Saudara-saudari yang terkasih, Tuhan selalu mengujimu sebelum memberkatimu. Terkadang ujian itu datang melalui orang yang meminta Anda melakukan sesuatu yang mustahil - seperti bos yang meminta Anda menyelesaikan proyek yang mustahil dengan cepat.

Mintalah dukungan teman Anda dalam doa. 
Apakah Anda memiliki teman doa seperti Paulus yang dapat Anda jadikan sandaran ketika hidup menjadi sulit?

Waktu untuk mendapatkan tim doa bukanlah ketika sesuatu yang buruk terjadi. Anda perlu memikirkan orang-orang itu sebelum krisis melanda.

Pada titik tertentu, Anda akan menghadapi masa-masa sulit. Anda akan diminta untuk melakukan tugas-tugas yang mustahil. Hari-hari gelap akan datang.

Siapa teman yang akan Anda hubungi saat menghadapi hal yang mustahil? Anda tidak perlu banyak orang. Tetapi Anda membutuhkan satu atau dua teman untuk mengawasi Anda ketika hidup menjadi tidak terkendali.

Seberapa pentingkah dukungan doa dalam hidup Anda?
Kepada siapa Anda dapat meminta doa-terutama ketika menghadapi hal yang mustahil?
Bagaimana Anda telah melihat Tuhan bekerja melalui doa-doa Anda bagi orang lain?

Siapakah orang-orang yang secara langsung bertanggung jawab untuk membawa saya kepada Tuhan? Apakah mereka memiliki kebutuhan yang dapat saya bantu saat ini? Itu bisa berupa kebutuhan spiritual, fisik, atau finansial. 

Ada lebih banyak lagi yang dapat dicapai bagi Kristus dalam pelayanan kita jika kedua unsur ini (doa dan dukungan) hadir. Amin!

Semoga Tuhan memberkati

Kamis, 21 Juli 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI