Dosa Kesombongan

Roma 9:30--10:3
Keselamatan bangsa-bangsa lain dan kesesatan orang Israel

9:30 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Ini: bahwa bangsa-bangsa lain yang tidak mengejar kebenaran, telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman.
9:31 Tetapi: bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu.
9:32 Mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan,
9:33 seperti ada tertulis: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu sentuhan dan sebuah batu sandungan, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."
10:1 Saudara-saudara, keinginan hatiku dan doaku kepada Tuhan ialah, supaya mereka diselamatkan.
10:2 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.
10:3 Sebab, oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri, maka mereka tidak takluk kepada kebenaran Allah.

                       ~~~~~~●●~~~~~~

Dalam perenungan Roma 9:1-29 kemarin
Kita menemukan sebuah paradoks, di mana orang-orang Yahudi mencari kebenaran tetapi tidak menemukannya, sedangkan orang-orang bukan Yahudi, yang tidak mencarinya, menemukannya. Alasan untuk ini adalah bahwa Israel mencoba untuk diselamatkan oleh perbuatan dan bukan oleh iman. Mereka berpikir bahwa orang-orang bukan Yahudi harus naik ke tingkat mereka untuk diselamatkan; padahal sebenarnya orang-orang Yahudi harus turun ke tingkat non-Yahudi untuk diselamatkan (ayat 30-33)
Orang Yahudi percaya bahwa dia bisa memenangkan keselamatan, berusaha menemukan jalan ke Surga dengan perbuatan; sebaliknya orang bukan Yahudi, mereka datang melalui jalan kepercayaan.

Dalam perikop hari ini kita menemukan beberapa alasan mengapa orang Yahudi menolak Yesus Kristus sebagai Mesias mereka. Selama bertahun-tahun mereka telah mengetahui nubuat-nubuat Perjanjian Lama dan telah mempraktekkan Hukum yang mengarahkan mereka kepada Kristus (Galatia 3:24). Beberapa menerima Dia, tetapi mayoritas menolak Dia. Alasannya adalah sebagai berikut:

1) Mereka tidak merasa membutuhkan keselamatan (ayat 1). Israel akan menyambut keselamatan politik dari Roma, tetapi tidak melihat kebutuhan akan keselamatan rohani dari dosanya sendiri.
2) Mereka bersemangat untuk Allah (ayat 2). Namun, semangat mereka tidak didasarkan pada pengetahuan. Tidak peduli seberapa tulus atau salehnya seseorang, ini tidak akan pernah menyelamatkan jiwa.
3) Mereka sombong dan merasa benar sendiri (ayat 3). Orang-orang Yahudi bangga dengan perbuatan baik mereka sendiri dan tidak mau mengakui bahwa mereka adalah orang berdosa.
4) Mereka salah memahami hukum mereka sendiri (ay. 4). Hukum memberi tahu mereka bahwa mereka adalah orang berdosa yang membutuhkan Juruselamat. Tetapi alih-alih membiarkan Hukum membawa mereka kepada Kristus (Galatia 3:24), mereka menyembah Hukum mereka dan menolak Juruselamat.

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan.
Apakah Anda tahu apa artinya menjadi sombong? Itu melebih-lebihkan nilai atau kepentingan anda sendiri, menunjukkan sikap superioritas. Ini menunjukkan harga diri saya melalui perilaku saya. Kesombongan adalah kebalikan dari kerendahan hati dan kelembutan.

Kesombongan adalah dosa pertama terhadap Tuhan (secara vertikal), tetapi juga dosa terhadap saudara-saudariku (secara horizontal). Ketika saya berpikir saya lebih baik dari orang lain, dan saya menunjukkannya dengan memperlakukan mereka lebih rendah dari diri saya sendiri, itu adalah bentuk kesombongan.

Kesombongan saya ditunjukkan ketika saya berpikir bahwa saya dapat terus hidup dalam dosa dan tidak ada yang terjadi, seolah-olah konsekuensi dari dosa saya tidak akan datang dan saya dapat terus hidup tanpa bertanggung jawab kepada siapa pun. Saya berkata dalam hati: "oke, saya bisa terus berbuat dosa, saya bisa melakukan apa yang saya mau". Kesombongan membusungkan saya dan mendorong saya untuk menyalahgunakan kasih karunia Tuhan.
Saya dapat menunjukkan kesombongan saya melalui banyak kata-kata saya yang mengalir dari pemahaman dan kebijaksanaan saya sendiri. 

Satu keinginan Paulus dalam perikop hari ini adalah agar orang-orang Yahudi dapat diselamatkan. Jika kita ingin membawa orang kepada Kristus, sikap kita harus sama. Saya harus sangat berhati-hati untuk menjadi sombong dan merasa benar sendiri dan memiliki seperangkat aturan untuk diikuti, tetapi secara harfiah meninggalkan Kristus dari hidup saya.  Saya harus bertobat. Amin.

Semoga Tuhan Memberkati.

Kamis, 7 Juli 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI