Ingat... Tobat....Taat

Wahyu 3:1-6
Kepada jemaat di Sardis

3:1 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
3:2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.
3:3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.
3:4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu.
3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.
3:6 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

                   ~~~~~~●●~~~~~~

SEJARAH SARDIS
Sardis terletak sekitar 30 mil di selatan Tiatira, sebuah kota kaya, dan ibu kota Lydia. Orang-orang bangga dan mengira mereka tidak dapat disusul tetapi Cyrus Agung dari Persia menyerbu kota dan mengambil alih pada abad keenam. Dari sudut pandang agama, itu adalah pusat pemujaan pagan dan situs kuil Artemis, yang reruntuhannya masih ada hingga hari ini. 

Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan.
Kehadiran kita di gereja memang bagus, tetapi itu tidak akan menyelamatkan jiwa Anda. Keanggotaan gereja itu berharga, tetapi itu palsu jika Anda tidak diselamatkan. Seperti orang Farisi, penampilan luar mereka adalah topeng yang menyembunyikan kekurangan hidup mereka "......Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!" (ayat 1). 

GEREJA SARDIS
Sardis adalah gereja yang mati, penuh dengan profesi kosong. Orang-orang Sardis yang beriman termasuk dalam komunitas Kristen itu,  tetapi mereka hidup sebagai orang-orang yang tidak mengenal Tuhan, pekerjaan mereka buruk, jika ada sesuatu yang sangat merusak gereja, itu adalah keduniawian di dalamnya. 

Orang mati adalah mayat yang tidak lagi berguna, juga tidak dapat melakukan apa-apa, gereja ini sudah mati dan tidak lagi mampu menghasilkan buah apa pun bagi Tuhan. Di mata dunia mereka dikenal hidup (mereka melakukan banyak pekerjaan), tetapi di mata Yesus mereka mati: karena mereka bukan lagi terang di dunia.

Formalisme dan ritualisme telah mengambil alih gereja ini, tetapi tidak ada kehidupan di sana, tidak ada kehidupan yang berubah, mereka beribadah karena kebiasaan, mereka  melayani karena kebiasaan.  

Dibaptis adalah tiruan dari tindakan Yesus, tetapi itu adalah ritual yang hampa dan tidak berarti kecuali Anda terlebih dahulu bertobat.

Kita diselamatkan ketika kita bertobat dari dosa-dosa kita, dari ketergantungan kita pada diri kita sendiri, dari pemikiran kita bahwa kita dapat bertahan hidup sendiri, dan ketika kita kemudian percaya pada apa yang telah Yesus lakukan untuk menyelesaikan semua masalah kita. Ketika kita melakukan itu, kehidupan Roh Kudus diberikan kepada jiwa kita. Inilah yang dibutuhkan gereja Sardis, dan inilah yang masih dibutuhkan oleh setiap orang yang terhilang, terlepas dari apakah nama mereka ada di daftar gereja atau tidak.

Yesus memerintahkan gereja ini untuk bangun, mungkin kekayaan dan kenyamanan telah menidurkannya. Mereka ditinggikan untuk bangun dari tidur rohani mereka dan bertobat dari kejatuhan mereka (ayat 2-3). Pesannya kepada mereka adalah INGAT, BERTOBATLAH, DAN TAAT.

Kebutuhan kita hari ini sama seperti Gereja di Sardis dan itu adalah untuk “mengingat,” “bertobat” dan “menaati”

Alkitab bermanfaat bagi kita dalam segala hal, tetapi kita harus mendengarnya dan menghargainya. 

Tuhan, bantu saya untuk mengevaluasi status spiritual sejati keluarga saya dan kehidupan pribadi saya saat ini? 
Apakah saya melakukan semua yang saya bisa untuk menjaga diri saya dan keluarga saya tetap hidup dan produktif secara rohani?

Selamat beraktifitas,
Semoga Tuhan Memberkati

Rabu, 14 September 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI