Disiplin Jiwa Sejati

Wahyu 15:5-8
Tujuh malaikat dengan tujuh cawan murka Allah

15:5 Kemudian dari pada itu aku melihat orang membuka Bait Suci--kemah kesaksian--di sorga.
15:6 Dan ketujuh malaikat dengan ketujuh malapetaka itu, keluar dari Bait Suci, berpakaian lenan yang putih bersih dan berkilau-kilauan dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
15:7 Dan satu dari keempat makhluk itu memberikan kepada ketujuh malaikat itu tujuh cawan dari emas yang penuh berisi murka Allah, yaitu Allah yang hidup sampai selama-lamanya.
15:8 Dan Bait Suci itu dipenuhi asap karena kemuliaan Allah dan karena kuasa-Nya, dan seorangpun tidak dapat memasuki Bait Suci itu, sebelum berakhir ketujuh malapetaka dari ketujuh malaikat itu.
                  ~~~~~~●●~~~~~~

Santo Yohanes memberi kita tujuh penilaian “Materai” di pasal 6, tujuh penilaian “Sangkakala” di pasal 8 dan 9, dan sekarang dia membawa kita ke tujuh penilaian “Cawan murka Allah” di pasal 15. Mengapa perlu ada tiga seri ini dari tujuh penghakiman? Hanya Tuhan yang tahu jawaban sebenarnya untuk ini, tetapi kita dapat melihat pola : 
(1) pertemuan awal, 
(2) serangan intensif, dan akhirnya 
(3) pukulan habis-habisan. 
Penghakiman "Cawan murka Allah" ini terjadi pada akhir Kesengsaraan.

Santo Yohanes diperlihatkan suatu tanda di surga yang digambarkan sebagai besar dan ajaib (ayat 1). Tujuh Malaikat, masing-masing memiliki Malapetaka dan siap untuk melakukan tugas mereka, berangkat dari Bait Suci dengan perlengkapan lengkap untuk tugas mereka (ayat 1,5-6). Mereka tampak seperti imam dan juga malaikat karena mereka mengenakan kain linen putih bersih dengan ikat pinggang emas yang menandai mereka sebagai imam. Sebelum penghakiman jatuh, Yohanes melihat sekelompok orang kudus yang menang, dengan kecapi, dan mereka menyanyikan lagu yang dinyanyikan Musa (ayat 2-4) ketika Musa menyeberangi Laut Merah (Kel. 15:1-19). Lagu Musa ini memperingati pembebasan terbesar dalam sejarah Israel dan sekarang sedang dinyanyikan oleh para martir pemenang yang dibawa melalui lautan penganiayaan ke tanah surga yang dijanjikan. 

Disiplin jiwa sejati.
Saudara-saudari yang diberkati Tuhan.
Disiplin, seperti yang telah kita lihat dalam Wahyu 15:5-8 ini bersifat menyakitkan. Tuhan melibatkan "tujuh malaikat" dengan "tujuh malapetaka". Dari mana asalnya? Bukan dari instrumen sekunder, keadaan kebetulan atau kematian yang kejam dan keras, tetapi langsung dari kehadiran Yang Tak Terbatas. Bahasa di sini menunjuk ke bagian dalam tabernakel, yang dikenal sebagai "Yang Mahakudus." Di sana orang-orang memandang Tuhan secara khusus sebagai menyatakan diri-Nya kepada mereka dan mengkomunikasikan ide-ide dan rencananya kepada mereka. 

Bagi jiwa yang benar-benar disiplin seperti Santo Yohanes, semua pengaruh surga yang memurnikan dan memuliakan dianggap datang langsung dari hadirat Bapa yang Agung. Mata batinnya, seolah-olah, begitu terbuka dan cepat sehingga dia melihat ke dalam tempat kudus Yang Mahakuasa.

Para pelayan disiplin jiwa yang sejati;
1. Mereka lengkap dalam jumlah dan kualifikasi. "Tujuh malaikat" dan "tujuh malapetaka".

2. Mereka datang langsung dari hadirat-Nya. “Dia keluar dari Bait Suci”.

3. Mereka secara ilahi ditandai dan dikenakan sebagai imam Allah. 
"Berpakaian lenan yang putih bersih dan berkilau-kilauan dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas"

4. Mereka memiliki mandat "mendisiplinkan jiwa yang sejati, ini melibatkan rasa sakit (Cawan murka Allah). Tingkat keparahannya adalah berkah.

"Tidak seorang pun dapat memasuki Bait Allah sampai tujuh malapetaka dari tujuh malaikat digenapi" (harus diselesaikan). Gagasan yang disarankan adalah bahwa tidak ada orang yang dapat memasuki tempat kudus atau hadirat Tuhan secara langsung sampai disiplin itu sepenuhnya dilaksanakan. 

Mengapa kita tidak menaati Allah?
Saudara-saudari terkasih dalam Tuhan.
Jika Anda menahan disiplin, Tuhan memperlakukan Anda seperti anak-anak karena anak seperti apa dia yang ayahnya tidak disiplin? Tetapi jika Anda dibiarkan tanpa disiplin, di mana orang lain telah menjadi disiplin, maka Anda adalah bajingan, dan bukan anak yang baik.

Di sisi lain, kita masing-masing memiliki orang tua duniawi yang mendisiplinkan kita dan kita menghormati mereka. Mengapa kita tidak menaati Allah, Bapa yang jauh lebih baik, dan hidup?

Anak-anak Tuhan bukannya tidak patuh, melainkan mereka sesat. Hasil dari perubahan cara pandang ini adalah bahwa disiplin bukanlah untuk mengontrol atau menghukum, tetapi untuk membimbing, sehingga kita dapat berpartisipasi dalam kekudusan-Nya. Memang benar bahwa saat ini tidak ada disiplin yang tampaknya menjadi penyebab kegembiraan, tetapi kesedihan; tetapi setelah itu ia menghasilkan buah kebenaran yang damai bagi mereka yang telah dilatih olehnya. (Ibrani 12:7-11)

Ada banyak orang di dunia, bahwa mereka memiliki sedikit, atau gagal dalam hidup, mereka benci didisiplinkan. Mereka benci diajar oleh orang lain. 

Dulu pernah terjadi pada saya ketika saya masih kecil, yang membuat tidak nyaman saya bahwa orang tua saya sangat ketat, dengan masalah studi, pertemanan dan banyak hal, saya ingat bahwa lebih dari sekali mereka mengoreksi saya. Mereka mengoreksi saya, dan saya tidak menyukainya. Itu membuat saya dalam suasana hati yang buruk, dan di atas itu saya membrontak. Pada usia itu saya tidak mengerti, tetapi sekarang saya lebih dewasa, saya mengerti bahwa orang tua saya bijaksana, dan berkat ajaran itu saya menciptakan kebiasaan yang baik, yang membantu saya jauh di kemudian hari untuk menjadi manusia yang baik.

Anda tahu hal yang sama terjadi dengan Tuhan, dan kehidupan Kristen. Jika kita benar-benar anak-anak Tuhan, kita harus didisiplinkan oleh-Nya. Karena dia sendiri yang mendisiplinkan semua orang yang dia terima sebagai putranya, mereka yang menerima Kristus di dalam hati mereka. Saya tahu bahwa akan ada orang-orang di sini yang mengalami ujian yang sangat berat, atau yang telah mengatasi ujian yang luar biasa. Nah, semua pertempuran itu adalah tanda bahwa Anda adalah anak Tuhan (jika Anda menerima Yesus Kristus di dalam hati Anda, tentu saja) dan bahwa Tuhan ingin memperlakukan karakter Anda, Dia melakukannya berkali-kali melalui keadaan Anda sendiri. Dia mengoreksi Anda dengan cinta, karena dia ingin Anda menjadi pria atau wanita yang baik, sesuai dengan hatinya. Dan seringkali kita tidak menerima koreksi itu, karena kita melihat orang-orang di sekitar kita mendapatkan apa yang mereka inginkan dan yang tidak bisa kita dapatkan, lebih cepat dan lebih baik. Dan pada saat itu kita bertanya pada diri kita sendiri: Mengapa saya?, Mungkinkah Tuhan tidak mau?, kenapa ya untuk dia, dan tidak untuk saya? Bukannya aku tidak mau, tapi berkali-kali Tuhan akan menggunakan keadaan dan keinginanmu, untuk membentukmu menjadi seorang anak. 

Tuhan melatih anda.
Pada awalnya, disiplin itu dapat menyebabkan banyak rasa sakit, dan kesedihan. Tapi jika kita sadar, maka dalam jangka panjang, Anda akan melihat buahnya. Dan Anda akan mengerti, mengapa begitu banyak hal yang diperlukan untuk melatih anda menjadi orang yang disiplin.

Tuhan mengoreksi kita dengan cinta, karena dia ingin Anda dan saya sebagai anak-anaknya tumbuh dengan cara yang terbaik, dia menginginkan yang terbaik untuk kita. Jadi ya, sekarang, Anda sedang dituntut. Jangan putus asa, Tuhan akan memberikan jalan keluar. Dan ajaran yang akan membuatmu tumbuh, sebagai pribadi dan sebagai putranya. Dan itu pada gilirannya, akan memungkinkan Anda untuk membantu orang lain. Itu telah terjadi pada saya, dan saya telah menjalani beberapa proses, dan beberapa pengalaman buruk, yang pada saat ini sangat menyakiti saya, tetapi kemudian meninggalkan saya pelajaran besar, untuk menghibur mereka yang berada dalam situasi yang sama.

Apa yang Anda derita ?
Ingatlah....proses itu pada akhirnya, akan menjadi berkah bagi hidup Anda, dan penghiburan bagi semua orang yang menderita hari ini. Jadi tahan, dan jangan patah semangat... Amin !

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah.
Semoga Tuhan memberkati.

Minggu, 9 Oktober 2022
Luisfunan

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI