Tangan Tuhan

Bacaan Yehezkiel 37:1-14
Kebangkitan Israel

37:1 Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.
37:2 Ia membawa aku melihat tulang-tulang itu berkeliling-keliling dan sungguh, amat banyak bertaburan di lembah itu; lihat, tulang-tulang itu amat kering.
37:3 Lalu Ia berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, dapatkah tulang-tulang ini dihidupkan kembali?" Aku menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, Engkaulah yang mengetahui!"
37:4 Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!
37:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini: Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
37:6 Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikan kamu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN."
37:7 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain.
37:8 Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas
37:9 Maka firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali."
37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
37:11 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang.
37:12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.
37:13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya.
37:14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

                   ~~~~~●●~~~~~

"Lalu kekuasaan TUHAN meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang" (Yehezkiel 37:1).

Ayat ini menceritakan salah satu pertemuan paling supernatural di seluruh Alkitab. Yehezkiel dibawa dalam roh ke sebuah lembah yang penuh dengan tulang-tulang kering. Arti sebenarnya dari peristiwa ini telah menjadi bahan perdebatan di kalangan pakar Alkitab, ada yang percaya bahwa ini adalah penglihatan yang bersifat nubuatan, sementara yang lain berpendapat bahwa Yehezkiel mengalami pengalaman rohani yang nyata dan gamblang. 

Makna dan Simbolisme.

Apa pun penafsiran yang kita pilih, yang penting adalah merefleksikan makna dan simbolisme perjumpaan ini. Lembah yang penuh dengan tulang kering adalah gambaran yang sunyi dan menakutkan. Tulang kering melambangkan keadaan putus asa dan kematian yang dialami bangsa Israel saat itu. "Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel" (Ayat 11)

Waktu Pemulihan.

Menarik untuk dicatat bahwa, meskipun tampak ada keputusasaan, Tuhan masih hadir dan dapat mengubah situasi. Tuhan turun tangan untuk menunjukkan kepada Yehezkiel bahwa masih ada harapan untuk pemulihan. "Lalu firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah mengenai tulang-tulang ini dan katakanlah kepadanya: Hai tulang-tulang yang kering, dengarlah firman TUHAN!" (Ayat 4).

Bagaimana kita dapat menerapkan ayat ini dalam kehidupan kita saat ini? 

Kita semua mengalami saat-saat ketika kita merasa putus asa, sendirian, dan terkunci dalam lembah yang kering. Namun tangan Tuhan tetap ada dan bisa ikut campur dalam kehidupan kita. 
Firman Tuhan dapat memberikan kehidupan dan pemulihan dalam situasi apa pun. Kita harus percaya dan percaya bahwa Tuhan berkuasa mengubah segala sesuatu yang tampaknya hilang.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat terhubung atau mengalami manifestasi supernatural Tuhan dalam hidup Anda. Jawabannya adalah kita bisa mengalami perjumpaan dengan Tuhan kapanpun dan dimanapun. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari kehadiran-Nya. Terkadang ini berarti meluangkan waktu untuk berdoa, meditasi, dan belajar Alkitab. Di lain waktu, itu berarti keluar dari zona nyaman kita dan memercayai rencana-Nya bagi kita. 

Penutup.

Perjumpaan Yehezkiel di lembah tulang kering merupakan pengingat bahwa, meskipun keadaan tampak hilang atau tidak ada harapan, tangan Tuhan tetap hadir untuk memberikan kehidupan dan pemulihan. Kita harus membiarkan firman Tuhan meresap dalam kehidupan kita dan percaya bahwa Dia mempunyai kuasa untuk mengubah situasi apa pun. 

Selamat beraktifitas,
Semoga Tuhan Memberkati.

Selasa, Oktober 17'2023
Luisfunan❤️

Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI