Berserah diri

Bacaan Mazmur 31:1-24
Aman dalam tangan TUHAN

31:1Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (31-2) Pada-Mu, TUHAN, aku berlindung, janganlah sekali-kali aku mendapat malu. Luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu,
31:2(31-3) sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, bersegeralah melepaskan aku! Jadilah bagiku gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku!
31:3(31-4) Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.
31:4(31-5) Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.
31:5(31-6) Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku; Engkau membebaskan aku, ya TUHAN, Allah yang setia.
31:6(31-7) Engkau benci kepada orang-orang yang memuja berhala yang sia-sia, tetapi aku percaya kepada TUHAN.
31:7(31-8) Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku,
31:8(31-9) dan tidak menyerahkan aku ke tangan musuh, tetapi menegakkan kakiku di tempat yang lapang.
31:9(31-10) Kasihanilah aku, ya TUHAN, sebab aku merasa sesak; karena sakit hati mengidaplah mataku, meranalah jiwa dan tubuhku.
31:10(31-11) Sebab hidupku habis dalam duka dan tahun-tahun umurku dalam keluh kesah; kekuatanku merosot karena sengsaraku, dan tulang-tulangku menjadi lemah.
31:11(31-12) Di hadapan semua lawanku aku tercela, menakutkan bagi tetangga-tetanggaku, dan menjadi kekejutan bagi kenalan-kenalanku; mereka yang melihat aku di jalan lari dari padaku.
31:12(31-13) Aku telah hilang dari ingatan seperti orang mati, telah menjadi seperti barang yang pecah.
31:13(31-14) Sebab aku mendengar banyak orang berbisik-bisik, --ada kegentaran dari segala pihak! --mereka bersama-sama bermufakat mencelakakan aku, mereka bermaksud mencabut nyawaku.
31:14(31-15) Tetapi aku, kepada-Mu aku percaya, ya TUHAN, aku berkata: "Engkaulah Allahku!"
31:15(31-16) Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku!
31:16(31-17) Buatlah wajah-Mu bercahaya atas hamba-Mu, selamatkanlah aku oleh kasih setia-Mu!
31:17(31-18) TUHAN, janganlah membiarkan aku mendapat malu, sebab aku berseru kepada-Mu; biarlah orang-orang fasik mendapat malu dan turun ke dunia orang mati dan bungkam.
31:18(31-19) Biarlah bibir dusta menjadi kelu, yang mencaci maki orang benar dengan kecongkakan dan penghinaan!
31:19(31-20) Alangkah limpahnya kebaikan-Mu yang telah Kausimpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah Kaulakukan bagi orang yang berlindung pada-Mu, di hadapan manusia!
31:20(31-21) Engkau menyembunyikan mereka dalam naungan wajah-Mu terhadap persekongkolan orang-orang; Engkau melindungi mereka dalam pondok terhadap perbantahan lidah.
31:21(31-22) Terpujilah TUHAN, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan-Nya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!
31:22(31-23) Aku menyangka dalam kebingunganku: "Aku telah terbuang dari hadapan mata-Mu." Tetapi sesungguhnya Engkau mendengarkan suara permohonanku, ketika aku berteriak kepada-Mu minta tolong.
31:23(31-24) Kasihilah TUHAN, hai semua orang yang dikasihi-Nya! TUHAN menjaga orang-orang yang setiawan, tetapi orang-orang yang berbuat congkak diganjar-Nya dengan tidak tanggung-tanggung.
31:24(31-25) Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN!

                           ~~~~~□~~~~~

"Ke dalam tangan-Mulah kuserahkan nyawaku....." (Mazmur 31:5).

Pembukaan.

Dalam ayat Mazmur 31:5, pemazmur mengungkapkan gagasan menyerahkan hidup kita ke tangan Tuhan, percaya bahwa Dia akan menebus kita. Kata “serahkan” berarti mempercayakan atau menitipkan sesuatu kepada orang lain untuk pemeliharaan dan perlindungan. Dalam hal ini, pemazmur menyerahkan hidupnya kepada Tuhan, percaya bahwa Dia mempunyai kuasa dan hikmat untuk memeliharanya. Sikap percaya dan menyerah total mungkin sulit bagi banyak orang, terutama di saat ketidakpastian atau tekanan. 

Refleksi mempercayakan hidup kita kepada Tuhan 

Mempercayakan hidup kita kepada Tuhan bukan berarti menyerahkan segala sesuatu di tangan-Nya dan tidak berbuat apa-apa. Sebaliknya, itu berarti memercayai-Nya dan mencari kehendak-Nya dalam setiap keputusan yang kita ambil. Dengan percaya kepada Tuhan, kita dapat yakin bahwa Dia akan membimbing dan melindungi kita di jalan yang telah kita pilih. Sikap berserah diri secara total ini memungkinkan kita untuk hidup dengan lebih sedikit kekhawatiran dan kecemasan, mengetahui bahwa Tuhan mempunyai rencana bagi hidup kita dan bahwa kita aman di tangan-Nya. 

Bagaimana menerapkan ayat tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari?

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dapat menerapkan ayat Mazmur 31:5 dengan berbagai cara. Kita bisa mulai dengan percaya bahwa Tuhan mempunyai tujuan hidup kita dan mencari kehendak-Nya dalam setiap keputusan yang kita ambil. Kita juga dapat mengingat bahwa kita tidak sendirian dalam pergumulan dan kesulitan kita, dan bahwa kita dapat menemukan kenyamanan dan pertolongan dalam iman dan hubungan kita dengan Tuhan. Yang terakhir, kita dapat mempercayakan roh kita kepada Tuhan, memercayai Dia untuk membimbing hidup kita dan membantu kita menghadapi situasi apa pun yang menghadang kita. Untuk melakukan hal ini, penting untuk memupuk kehidupan doa dan meditasi pada Firman Tuhan. Selain itu, penting bagi kita untuk belajar memahami kehendak ilahi dalam kehidupan kita sehari-hari dan mengambil keputusan sesuai dengan kehendak tersebut. 

Mengatasi keraguan Mengapa penting untuk mempercayakan hidup kita kepada Tuhan? 

Ayat Lukas 23:46 menceritakan nafas terakhir Yesus Kristus di kayu salib, dimana Ia berseru kepada Bapa Surgawi dan menyerahkan roh-Nya. Sebagai umat Kristiani, ayat ini mengajak kita untuk merenungkan bagaimana kita bertawakal kepada Tuhan dan bagaimana kita menyerahkan segala sesuatu yang ada di tangan-Nya. Sering kali, kita berpegang teguh pada gagasan dan rencana kita sendiri, lupa bahwa kehendak Tuhan adalah yang utama dan kita harus percaya sepenuhnya pada kehendak itu. 

Penting untuk mempercayakan hidup kita kepada Tuhan karena hal ini memungkinkan kita untuk hidup dengan lebih sedikit kecemasan dan kekhawatiran, mengetahui bahwa Dia memiliki rencana untuk hidup kita dan bahwa kita aman di tangan-Nya. Bagaimana kita bisa mempercayakan hidup kita kepada Tuhan? Kita dapat mempercayakan hidup kita kepada Tuhan dalam doa, memercayai Dia untuk membimbing hidup kita dan membantu kita menghadapi situasi apa pun yang menghadang kita. Kita juga bisa mencari kehendak-Nya dalam setiap keputusan yang kita ambil dan percaya bahwa Dia mempunyai tujuan dalam hidup kita. 

Penutup.

Sebagai orang beriman, kita harus berupaya mengembangkan kepercayaan kita kepada Tuhan melalui doa, pembacaan Alkitab, dan pengalaman pribadi dalam hubungan dengan-Nya dan kita benar-benar percaya pada Tuhan. Ayat dari Mazmur 31:5 mengingatkan kita akan pentingnya mempercayakan hidup kita kepada Tuhan dan mempercayai-Nya dalam setiap aspek keberadaan kita. Dengan melakukan hal ini, kita bisa hidup dengan lebih sedikit rasa cemas dan khawatir, karena kita tahu bahwa Dia punya rencana untuk hidup kita dan kita aman dalam tangan-Nya. Jika Anda mengasihi Tuhan dan memercayai-Nya, Anda mampu mengatasi badai apa pun yang mungkin timbul dalam hidup Anda; jika seperti Daud, dan seperti Yesus sendiri, setiap hari kamu berkata: “Ke dalam tanganMu aku menyerahkan nyawaku” (ayat 5; Lukas 23:46), ketakutan dan rasa tidak aman kita akan hilang seperti kabut di hadapan matahari. 

Selamat berawal Pekan
Semoga Tuhan Memberkati

Senin, Mei 13'2024
Luisfunan❤️



Komentar

Benih Kehidupan

Tumbuhkan Cinta kasih (Michael Kolo)

DARI KEMATIAN KE KEHIDUPAN KEKAL

KETIKA IBLIS MENGUASAI